27 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Pertamina Raih Pujian Ibu Negara atas Program Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

PPU (buseronline.com) – Pertamina Group baru-baru ini menerima pujian dari Ibu Negara Iriana Jokowi atas inovasi mereka dalam pengelolaan sampah.

Dalam kunjungan kerja bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE), Ibu Iriana bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin dan anggota OASE mengunjungi Kantor Kepala Desa Tengin Baru, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kamis.

Pertamina memamerkan berbagai program pengelolaan sampah yang dikembangkan menjadi produk-produk bernilai tinggi. Beberapa program unggulan termasuk Program Pelita Borneo, Program Pusaka, Program Desa Energi Berdikari Wasteco, dan Program Seraya Handycraft.

Program-program ini menghasilkan produk seperti tas, sepatu, pot bunga, dan pupuk cocopeat dari sabut kelapa, serta tote bag, bantal, dan lilin aromaterapi dari sampah plastik dan kain perca.

Salah satu highlight dari kunjungan tersebut adalah produk olahan makanan yang dimasak menggunakan gas metana hasil pengolahan sampah. Produk-produk ini menarik perhatian Ibu-Ibu OASE karena kemasan yang unik dan ragam rasa yang ditawarkan.

Ibu Negara memberikan tanggapan positif terhadap produk-produk tersebut, memuji inovasi dan dampak ekonomi yang dihasilkan. “Produk ini sangat bagus dan bisa untuk dijual lebih masif lagi. Packaging-nya unik sekali,” ujar Ibu Liza Thohir, salah satu anggota OASE.

Menurut Rusni Pebriyanti dari Program Pusaka, “Program pengelolaan sampah ini sangat memberikan berkah dan dampak ekonomi yang baik untuk masyarakat. Pertamina mendukung penuh masyarakat untuk mengelola sampah menjadi produk bernilai tinggi.”

Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dan terus mendorong program-program yang berdampak pada Sustainable Development Goals (SDGs), sesuai dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh operasinya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru