27 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Ayo Sehat Festival 2024: Edukasi Kesehatan dan Gaya Hidup Sehat

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Bandung (buseronline.com) – Kemenkes RI menggelar Ayo Sehat Festival 2024 di Gedung Sate, Bandung, Sabtu.

Festival ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan sepanjang siklus hidup.

Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin, menekankan bahwa menjaga kesehatan tidak sulit. Ia mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan pola makan, olahraga, dan tidur yang cukup. “Sehat itu gampang. Makannya dijaga, berhenti sebelum kenyang. Olahraga selama 30 menit sehari, dan tidur yang cukup minimal 6 jam maksimal 8 jam,” ujar Menkes Budi pada acara tersebut, Sabtu.

Selain itu, Menkes Budi mengimbau masyarakat untuk rutin memantau kondisi kesehatan seperti tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol. Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr Maria Endang Sumiwi MPH, menambahkan bahwa festival ini bertujuan untuk membuat kesehatan menjadi gerakan masyarakat dengan melibatkan banyak orang dalam aktivitas promotif dan preventif.

Festival ini dimulai dengan pembukaan mini museum siklus hidup pada 9 September 2024. Hingga Sabtu (14/9), mini museum telah menarik 1.200 pengunjung, termasuk anak-anak sekolah dan masyarakat umum. Mini museum ini menyajikan informasi tentang siklus hidup, alat kesehatan, simulasi suara jantung, dan janji hidup sehat.

Ayo Sehat Festival 2024 melibatkan 87 mitra dan 130 kegiatan yang tersebar di enam zona kesehatan: ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita, anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia, serta zona olahraga dan kuliner sehat. Untuk memastikan keamanan pangan, dilakukan intervensi keamanan pangan dan pemasangan Label Higiene Sanitasi Pangan (HSP) di lokasi acara.

Pj Jawa Barat, Bey Machmudin, menegaskan bahwa ibu-ibu memiliki peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan melalui olahraga dan pemeriksaan kesehatan rutin.

“Menjaga kesehatan lebih penting dibandingkan apapun. Jangan lupa untuk berolahraga dan memeriksakan diri ke puskesmas atau posyandu,” kata Bey. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru