26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Polri Kirim Satgas FPU ke Afrika Tengah untuk Misi Perdamaian

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Polri kembali mengirimkan kontingen Garuda Bhayangkara Satuan Tugas Formed Police Unit (FPU) 6 MINUSCA dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB ke Afrika Tengah.

Upacara pelepasan kontingen tersebut dipimpin Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Rabu.

Dalam amanatnya, Komjen Agus Andrianto menekankan bahwa upacara ini merupakan bentuk kehormatan dan kepercayaan pemerintah terhadap kontingen yang telah dipersiapkan untuk mewakili Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia.

“Jadikan momentum upacara ini sebagai pemicu semangat agar dapat melaksanakan tugas secara optimal dan menorehkan prestasi di kancah internasional,” ujarnya.

Komjen Agus menambahkan bahwa keikutsertaan Polri dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB merupakan bagian dari upaya mewujudkan tujuan bernegara sebagaimana tertuang dalam UUD 1945, yaitu melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

“Ini juga merupakan dukungan nyata Polri terhadap kebijakan pemerintah dalam diplomasi internasional,” katanya.

Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti menjelaskan bahwa kontingen FPU 6 MINUSCA yang berjumlah 140 personel ini adalah yang keenam kali dikirim Polri sejak 2019 ke misi PBB di Afrika Tengah.

Misi ini dikenal dengan nama the United Nations Multidimensional Integrated Mission in the Central African Republic (MINUSCA).

“Misi pemeliharaan perdamaian PBB bukan hal baru bagi Polri. Sejak 1989, Polri telah menugaskan 3.374 personel sebagai pasukan Formed Police Unit (FPU) maupun Individual Police Officer (IPO),” ungkapnya.

Upacara pelepasan dihadiri berbagai pejabat penting, termasuk Ketua Komisi III DPR RI, Pejabat Utama Mabes Polri, serta berbagai stakeholder.

Selain itu, ditampilkan juga kesenian Darak Badarak dari Provinsi Sumatera Barat yang akan diperkenalkan oleh personel FPU 6 dalam berbagai acara internasional di daerah misi.

Kontingen ini dijadwalkan berangkat pada 10 Oktober 2024 untuk menggantikan Satgas FPU 5 MINUSCA yang akan menyelesaikan masa tugasnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru