26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Tingkatkan Ketepatan Diagnosis Demi Keselamatan Pasien

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Semarang (buseronline.com) – Wakil Menteri Kesehatan, Prof Dante Saksono Harbuwono, menekankan pentingnya ketepatan diagnosis untuk keselamatan pasien dalam acara Puncak Hari Keselamatan Pasien Sedunia (WPSD) 2024 di RSUP dr Kariadi, Semarang, Selasa.

Tema tahun ini, “Improving Diagnosis for Patient Safety,” menegaskan bahwa keselamatan pasien adalah tanggung jawab bersama antara manajemen fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, dan pasien.

Dalam sambutannya, Prof Dante mengungkapkan bahwa keselamatan pasien merupakan hak asasi dan penting untuk memastikan mutu layanan yang tidak membeda-bedakan status sosial. Ia mengakui berbagai tantangan dalam keselamatan pasien, seperti kesalahan penanganan medis dan misdiagnosis, dan menekankan perlunya membangun budaya keselamatan yang berfokus pada pasien.

“Setiap fasilitas pelayanan kesehatan harus memberikan dukungan, pelatihan, dan sumber daya yang memadai untuk tenaga kesehatan agar dapat memberikan perawatan yang aman,” ujar Prof Dante.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Azhar Jaya, menyoroti pentingnya diagnosis yang akurat dan tepat waktu, sesuai dengan slogan WPSD 2024, “Lakukan dengan Benar, dan Jadikan Aman.” Ia menjelaskan bahwa misdiagnosis dapat menyebabkan kesalahan terapi dan potensi tuduhan malapraktik.

Direktur Mutu Pelayanan Kesehatan, Yanti Herman, menambahkan bahwa keterlibatan aktif pasien dan intervensi seperti riwayat kesehatan lengkap dan akses yang lebih baik terhadap tes diagnostik dapat meningkatkan kualitas perawatan.

Acara WPSD 2024 juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasuk senam bersama, fun walk, penayangan video demonstrasi, penampilan wayang orang, dan pengumuman pemenang lomba. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru