29 C
Medan
Sabtu, September 21, 2024

Maksimalkan Cooling System untuk Pilkada Damai

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Lampung (buseronline.com) – Menjelang Pilkada Serentak 2024, Tim Operasi Nusantara Cooling System (NCS) Polri mengingatkan seluruh kapolres dan kapolsek di Polda Lampung untuk mengoptimalkan kegiatan colling system demi menciptakan suasana aman.

Provinsi Lampung dinilai sebagai salah satu daerah rawan berdasarkan Indeks Potensi Kerawanan Pemilu 2024, yang juga mencakup Jawa Timur, Sulawesi Tengah, dan Papua.

Wakil Kepala Operasi NCS Polri, Brigadir Jenderal Polisi Yuyun Yudhantara, menyampaikan bahwa penilaian risiko meliputi tujuh dimensi, termasuk penyelenggara, pengamanan, dan potensi gangguan kamtibmas.

“Kami berharap pilkada serentak di Provinsi Lampung dapat berlangsung tanpa konflik,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Yuyun menekankan perlunya pendekatan humanis dan persuasif dalam kegiatan cooling system. NCS Polri memberikan apresiasi kepada Kapolda Lampung dan jajarannya yang telah aktif melaksanakan upaya untuk meredam potensi konflik, termasuk melalui peran Bhabinkamtibmas.

Dengan pelaksanaan pilkada yang semakin dekat, Yuyun mengimbau agar kegiatan cooling system yang sudah ada dimaksimalkan. Dia mencatat beberapa insiden konflik di Lampung sebelumnya, seperti perusakan rumah ibadah dan unjuk rasa terkait dugaan politik uang pada Pilkada 2018, yang perlu diantisipasi agar situasi tetap kondusif. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru