25.5 C
Medan
Minggu, September 22, 2024

Mimika Percepat Eliminasi Malaria dengan “Tempo Kas Tuntas”

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mimika (buseronline.com) – Menkes Budi Gunadi Sadikin secara resmi meluncurkan program percepatan eliminasi malaria “TEMPO KAS TUNTAS” di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Rabu.

Acara ini berlangsung bersamaan dengan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Papua Tengah dan ditandai dengan pemukulan Tifa oleh Menkes Budi bersama Pj Gubernur Papua Tengah, Dr Ribka Haluk, dan Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito.

Dalam sambutannya, Menkes Budi menekankan pentingnya memahami pola penyakit dan penyebarannya untuk mencegah malaria melalui upaya promotif dan preventif.

Ia mencatat bahwa pada tahun 2023, Indonesia mencatat 418.546 kasus malaria, menjadikannya sebagai penyakit menular dengan angka kasus tertinggi kedua setelah tuberkulosis.

Program “Tempo Kas Tuntas” merupakan inisiatif yang berfokus pada penemuan kasus, pengobatan sesuai standar, dan pengawasan konsumsi obat hingga tuntas.

Menkes Budi juga menyampaikan pentingnya edukasi kepada masyarakat mengenai pencegahan malaria, termasuk pemasangan kelambu dan penggunaan lotion anti-nyamuk.

Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Yudhi Pramono, menambahkan bahwa penurunan kasus malaria di Papua akan berdampak signifikan pada pengurangan kasus di seluruh Indonesia.

Pj Gubernur Papua Tengah, Dr Ribka Haluk, berharap program ini dapat berkolaborasi lintas sektor untuk mencapai eliminasi malaria di wilayahnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru