28 C
Medan
Senin, September 23, 2024

Kapolri Apresiasi Pembebasan Pilot Susi Air

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan apresiasi atas keberhasilan pembebasan Kapten Philip Mark Mehrtens, pilot Susi Air, oleh personel gabungan Polri dan TNI. Kapten Philip disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) sejak 7 Februari 2023 dan berhasil diselamatkan 21 September 2024.

“Alhamdulillah, atas perintah Bapak Presiden untuk melaksanakan pembebasan terhadap korban penculikan pilot Selandia Baru. Kerja keras seluruh tim dalam operasi ini membuahkan hasil, dan kami berhasil membawa pulang sandera dalam kondisi sehat,” ungkap Kapolri, Sabtu.

Kapolri juga mengucapkan selamat kepada semua anggota TNI-Polri yang terlibat dalam Operasi Paro dan Damai Cartenz. “Semoga Kapten Philip dapat segera bertemu kembali dengan keluarganya,” tambahnya.

Wakapolda Papua dan Kaops Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani, menjelaskan bahwa pendekatan soft approach diutamakan dalam proses pembebasan. “Kami melibatkan tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat, dan keluarga dekat Egianus Kogoya untuk meminimalkan jatuhnya korban jiwa,” jelasnya.

Sebelum dipulangkan ke negaranya, Kapten Philip menjalani mitigasi medis untuk memastikan kondisi kesehatan dan psikologisnya stabil. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru