29 C
Medan
Selasa, September 24, 2024

Satika-Sarlandy Nomor Urut 1, Jangan Terjadi Perpecahan dan Lakukan Etika Politik Santun

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tarutung (buseronline.com) – Calon Bupati/Wakil Bupati Tapanuli Utara (Taput) Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menghindari percepahan.

“Kita sekarang dan kita juga nantinya. Kepada penyelenggara Pilkada diminta untuk menjaga etika politik santun,” kata Satika-Sarlandy seusai pencabutan nomor urut di kantor KPU Taput, Senin sore.

KPU Taput telah melakukan pengundian nomor urut pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati pada Pilkada Taput 2024 pada rapat pleno terbuka di Gedung KPU Kabupaten Tapanuli Utara, Jalan SM Simanjuntak Kompleks Pasar Baru Tarutung.

Pasangan calon Satika-Sarlandy nomor urut 1 dan Jonius Taripar Hutabarat-Denny Lumbantoruan (JTP-DENS) nomor urut 2. Sebelum pengundian nomor urut paslon, lebih dahulu dibacakan tata tertib dan mekanisme pengundian nomor urut.

Sesuai tata tertib yang disepakati komisioner KPU Taput dan dibacakan bahwa terlebih dahulu dilakukan pencabutan nomor antrian. Pencabutan nomor antrian yang pertama dilakukan calon berdasarkan urutan pertama yang mendaftar ke KPU Taput.

Pasangan calon Jonius Taripar Hutabarat-Deni Lumbantoruan adalah yang pertama mendaftar pada tanggal 28 Agustus, disusul pasangan calon Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat, mendaftar pada tanggal 29 Agustus 2024.

Selanjutnya, calon wakil bupati Deni Lumbantoruan yang pertama kali mencabut nomor antrian dengan nomor 12. Tiba giliran Calon Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat mencabut nomor antrian 4.

Sesuai tatib yang disepakati, nomor antrian terkecil itulah otomatis menjadi nomor urut 1 dan paslon JTP-DENS nomor urut 2.

Kemudian dituangkan dalam Berita Acara Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Taput pada Pilkada Taput 2024. Paslon Satika-Sarlandy nomor urut 1 dan JTP-Dens nomor urut 2.

Sebagaimana diketahui paslon Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat diusung partai PDIP dan PKB, sedangkan paslon Jonius Taripar Hutabarat-Denny Lumbantoruan diusung partai koalisi gemuk yaitu Perindo, Nasdem, Hanura, Golkar, Gerindra, Demokrat dan PSI.

Politik Santun

Setelah penandatanganan berita acara Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Taput pada Pilkada Taput 2024, pasangan calon Satika Simamora-Sarlandy mengajak seluruh penyelenggara pemilu, Bawaslu, dan seluruh masyarakat Tapanuli Utara agar senantiasa menjaga etika politik santun.

“Hendaklah Pilkada Taput dilakukan dengan santun dan damai. Jangan ada perpecahan di masyarakat, karena kita akan bersama sekarang dan besok. Pilih lah calon bupati sesuai hati nurani mu. Kita seluruhnya masih diikat persaudaraan,” ajak Calon Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat.

Calon Bupati Taput nomor urut 1, Satika Simamora juga menginginkan perhelatan Pilkada Taput dilakoni dengan santun dan kasih. “Setinggi apa pun ilmu dan ekonomi mu mari berpolitik santun. Mari jalani demokrasi dengan etika dan kasih. Sada ma rohatta, Huhaholongi do ho,” kata Satika Simamora penuh simpatik.

Seusai pengundian nomor urut tampak Satika Simamora dengan JTP Hutabarat saling bersalaman sambil senyum. Senyuman mereka juga menjadi senyuman kebahagiaan bagi komisioner KPU dan hadirin. (T1)

Berita Lainnya

Berita Terbaru