30 C
Medan
Rabu, September 25, 2024

Harga Avtur Pertamina Kompetitif dan Sesuai Aturan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), memastikan harga avtur yang mereka jual tetap kompetitif dan mengikuti regulasi pemerintah Indonesia. Harga avtur Pertamina bahkan lebih rendah dibandingkan beberapa negara lain dengan kondisi geografis serupa.

“Harga publikasi avtur di Indonesia cukup kompetitif. Bahkan, harga yang kami tawarkan lebih rendah jika dibandingkan dengan harga di negara seperti Singapura,” ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, dalam keterangan persnya, Selasa.

Pada periode 1-30 September 2024, harga avtur yang dijual oleh Pertamina Patra Niaga tercatat sebesar Rp 13.211 per liter. Angka ini jauh di bawah harga avtur di Singapura yang mencapai Rp 23.212 per liter pada periode yang sama.

Menurut Heppy, harga avtur yang ditetapkan Pertamina sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 17 K/10/MEM/2019, yang mengatur formula dasar harga dalam perhitungan harga jual eceran avtur. Selain itu, harga ini juga didasarkan pada Mean of Plats Singapore (MOPS), yang menjadi patokan harga pasar internasional. Penentuan harga juga memperhitungkan volume permintaan dan frekuensi penerbangan di masing-masing bandara.

“Rantai pasok avtur di Indonesia lebih kompleks dibandingkan negara lain. Pertamina bertanggung jawab untuk memasok avtur di 72 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di seluruh Indonesia, termasuk di bandara-bandara kecil yang secara komersial belum tentu menguntungkan,” jelas Heppy.

Meskipun menghadapi tantangan logistik yang lebih rumit, Pertamina memastikan ketahanan pasokan avtur tetap terjaga di seluruh Indonesia, termasuk di bandara perintis.

“Kami terus berupaya memastikan kebutuhan avtur di seluruh wilayah Indonesia terpenuhi, bahkan di bandara kecil sekalipun,” tutup Heppy. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru