27 C
Medan
Senin, September 30, 2024

Lapas Bina WBP Rayakan Hari Tani Nasional dengan Program Ketahanan Pangan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pancurbatu (buseronline.com) – Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional, Lapas Kelas IIA Pancurbatu, di bawah pimpinan Kalapas Nimrot Sihotang, menggelar kegiatan pembinaan pertanian untuk narapidana yang telah menjalani setengah masa pidana. Kegiatan berlangsung di lahan perkebunan Desa Namo Bintang, Kecamatan Pancurbatu, Selasa.

Tahun ini, perayaan Hari Tani Nasional mengusung tema inovasi pertanian untuk ketahanan pangan dan kesejahteraan petani. Kegiatan ini sejalan dengan Program Ketahanan Pangan Pemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham Sumut.

Sebanyak 10 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang telah resmi mendapatkan program asimilasi ikut serta dalam kegiatan ini. Mereka adalah narapidana yang berkelakuan baik dan telah mengikuti program pembinaan di dalam Lapas. Program ini akan fokus pada budidaya penanaman jagung, yang dimulai dengan kegiatan pembersihan lahan.

Nimrot Sihotang menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada WBP agar mereka tidak hanya makan dan tidur di dalam Lapas, tetapi juga menjadi produktif. “Saya harap para WBP mengikuti program ini dengan serius, agar mereka dapat menjadi manusia mandiri dan tidak mengulangi kejahatan setelah masa pidana berakhir,” ujarnya.

Dengan berbagai upaya ini, peringatan Hari Tani Nasional diharapkan dapat mengingatkan semua pihak untuk terus berinvestasi pada masa depan pertanian Indonesia, demi kesejahteraan petani dan ketahanan pangan yang lebih kuat. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru