24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Medan Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang Selama Sepekan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kota Medan dan sekitarnya diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama sepekan ke depan. Prakirawan BMKG Balai Wilayah I Medan, Defri Mandoza, mengungkapkan bahwa kondisi cuaca saat ini dipengaruhi oleh pertemuan massa udara di pesisir barat dan selatan Sumut.

“Seluruh wilayah Sumut saat ini berada dalam musim hujan,” kata Defri Mandoza, Senin (30/9/2024). Ia menambahkan bahwa hujan lebat disertai angin kencang dan petir berpotensi melanda wilayah Pegunungan, Pesisir Barat, dan Pesisir Timur.

BMKG juga mengingatkan masyarakat tentang risiko bencana hidrometeorologis, seperti banjir dan tanah longsor, yang dapat terjadi di beberapa daerah, termasuk Lereng Barat dan Lereng Timur.

Prakiraan cuaca untuk Selasa (1/10/2024) menunjukkan pagi hari berawan dengan potensi hujan ringan di Nias Selatan, dan pada siang hingga sore hari, hujan ringan hingga lebat diperkirakan terjadi di Dairi, Deliserdang, Karo, dan Langkat. Malam hari, hujan lebat berpotensi melanda Dairi, Karo, dan Nias.

Suhu udara diperkirakan berkisar antara 13°C hingga 33°C, dengan kelembaban antara 76%-98%. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, terutama di daerah pegunungan dan pesisir. Hingga saat ini, tidak ada titik panas terpantau di wilayah Sumut. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru