25 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Presiden Jokowi Terima Daftar Nama Capim dan Cadewas KPK

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Presiden Jokowi menerima panitia seleksi calon pimpinan dan dewan pengawas KPK periode 2024-2029, Selasa.

Dalam pertemuan di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Ketua Pansel, Muhammad Yusuf Ateh, menyerahkan hasil akhir seleksi kepada Presiden.

Yusuf Ateh menjelaskan bahwa Presiden meminta agar sepuluh nama calon pimpinan dan sepuluh nama calon dewan pengawas KPK diumumkan melalui website resmi. “Bapak Presiden meminta kepada kami untuk menyampaikan kepada media dan akan disampaikan melalui website seperti biasa,” katanya.

Wakil Ketua Pansel, Arief Satria, menambahkan bahwa nama-nama tersebut akan diteruskan ke DPR untuk dibahas lebih lanjut. “Alhamdulillah, Bapak Presiden akan meneruskan nama-nama tersebut ke DPR. Insyaallah dalam waktu singkat,” ujarnya.

Proses seleksi capim dan cadewas KPK melibatkan berbagai kriteria, termasuk reputasi dan kepercayaan publik. Arief menyebutkan bahwa pansel mengundang masukan dari media, akademisi, dan masyarakat sebagai bagian dari upaya menampung aspirasi.

Pansel juga memeriksa rekam jejak calon dan mempertimbangkan masukan dari instansi pemerintah dan masyarakat. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan kritik selama proses seleksi ini,” imbuhnya.

Dengan langkah ini, diharapkan KPK akan dipimpin oleh individu yang berkualitas dan memiliki integritas tinggi dalam menjalankan tugasnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru