24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Wamenkeu Hadiri Governor Business Roundtable AIIB

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Uzbekistan (buseronline.com) – Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara menghadiri Governor Business Roundtable, bagian dari The 2024 Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) Annual Meeting, yang berlangsung di Uzbekistan, Rabu.

Forum ini dihadiri oleh para pemimpin negara anggota dan bertujuan untuk membahas isu-isu infrastruktur, investasi, dan pembangunan berkelanjutan di Asia.

Dalam kesempatan tersebut, Wamenkeu menyampaikan bahwa AIIB meminta masukan terkait pelaksanaan Strategi Korporasi dan pengembangan toolbox untuk mendukung negara anggota. Ia menekankan relevansi empat fokus utama AIIB: Infrastruktur Hijau, Konektivitas Regional, Infrastruktur yang Didukung Teknologi, dan Mobilisasi Modal Swasta.

“Komitmen AIIB terkait infrastruktur hijau telah mencapai 50% dari target investasi. Namun, masih perlu dorongan untuk ketiga fokus lainnya,” ujar Wamenkeu.

Wamenkeu juga mengajukan empat rekomendasi untuk AIIB. Pertama, ia mendorong AIIB untuk mengoptimalkan neraca keuangannya dan meningkatkan efektivitas operasional. Kedua, AIIB perlu mempercepat program multi-year untuk mendukung prioritas pengembangan negara anggota. Ketiga, penting bagi AIIB untuk melakukan konsultasi intensif dengan negara anggota dalam merancang program, serta membuka kantor perwakilan di negara-negara tersebut. Terakhir, Wamenkeu menekankan perlunya reformasi untuk menawarkan pinjaman yang lebih kompetitif dibandingkan bank pembangunan multilateral lainnya.

Forum ini menjadi platform penting bagi negara-negara anggota untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam pengembangan infrastruktur di kawasan Asia. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru