26 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

PLN Peduli, Dukung Pelatihan Aplikasi Komputer di SMPN 2 Aek Songsongan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Asahan (buseronline.com) – PT PLN (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), kembali menunjukkan kepeduliannya dalam dunia pendidikan di tanah air.

Melalui UIP SBU, lewat program tersebut, kali ini PLN mendukung kegiatan Pelatihan Aplikasi Komputer Microsoft Office untuk Media Pembelajaran di UPTD SMP Negeri 2 Aek Songsongan Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Humas PLN UIP Sumbagut Khairul Zaman Nasution dalam relis, Sabtu (5/10/2024) menjelaskan, dalam kegiatan yang berlangsung pada 20-21 September 2024 tersebut, dilakukan penyerahan bantuan TJSL oleh Manager UPP SBU 4 Parlindungan.

Turut mendampingi Manager Unit Layanan PLTA Asahan (PLN Nusantara Power) Gideon Andre Yuswanto, Asman Pertanahan dan Umum UPP SBU 4 David Arico S, TL Keuangan dan Administrasi UPP SBU 4 Bahagia Lubis, Of Dan Tanah & Dal ROW Manahan Tua Siringo-ringo, JOF Adm & Mum Rahmat Adhi Nugroho dan perwakilan PLN UIP SBU dari subbidang Komunikasi & TJSL Abdul Rahim Algifari.

Bantuan tersebut langsung diterima Kepala UPTD SMP Negeri 2 Aek Songsongan Parluhutan Sihombing. Hadir pula seluruh Guru UPTD SMP Negeri 2 Aek Songsongan dan Kepala Desa Tangga Humala Panjaitan.

Pantauan di lokasi, di hari pertama diawali dengan doa untuk kelacaran Pelatihan oleh Tokoh Agama Ustadz Usman. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan oleh Kepala Sekolah dan Kepala Desa Tangga.

Kegiatan belajar pun dimulai dengan teori dan praktik penguasaan Aplikasi Microsoft Word, Microsofr Excel dan Power Point. Kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari yang berjalan dengan baik dan lancar.

Kepala UPTD SMP Negeri 2 Aek Songsongan Parluhutan Sihombing mengatakan, dengan adanya program TJSL PLN, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan para pendidik dan siswa dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

“Terima kasih kami sampaikan kepada PLN UIP SBU atas bantuan TJSLnya kepada sekolah kami. Hal ini sangat membantu para tenaga pendidik dan para murid. Diharapkan juga pelatihan ini membuat siswa lebih mudah memahami materi dan terampil dalam mengoperasikan komputer dan untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi,” ucapnya.

Dijelaskannya, pendidikan pada saat ini, umumnya lebih menekankan pada pewarisan pengetahuan dan teknologi, upaya peningkatan mutu pendidikan dilakukan secara menyeluruh meliputi aspek moral, akhlak mulia, budi pekerti, pengetahuan, keterampilan, seni, olahraga dan perilaku.

“Kendala yang dijumpai adalah para guru belum seluruhnya dan sepenuhnya menggunakan media tersebut dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Keadaan seperti tersebut di atas, terjadi pula pada guru-guru dan tenaga kependidikan di UPTD SMP Negeri 2 Aek Songsongan Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan,” sebutnya.

Menimpali hal tersebut, Manager PLN UPP SBU 4 Parlindungan menyampaikan, berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah dan dokumentasi yang ada di sekolah, sebagian besar dari mereka mengalami kesulitan di dalam menggunakan aplikasi komputer Micosoft Office untuk media pembelajaran di dalam kelas.

Selain itu, guru-guru juga mengakui kurangnya motivator dan pelatihan dalam menggunakan media pembelajaran berbasis komputer di sekolah.

Terpisah, GM PLN UIP SBU Hening Kyat Pamungkas menyebutkan, bantuan ini juga dilakukan berdasarkan survey yang dilakukan pihaknya. Salah satunya adanya keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti keterbatasan jangkauan jaringan internet.

Padahal, kata Hening, setiap subpokok bahasan yang dijelaskan sangat diperlukan adanya berbagai media sebagai sumber belajar siswa.

“Juga menyongsong perubahan paradigma pendidikan di era revolusi industri 4.0 (RI 4.0) guru dituntut untuk dapat mengembangkan kemampuan profesionalnya dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Maka dari itu pihak PT PLN (Persero) UIP SBU dalam hal ini diwakili oleh PT PLN (Persero) UPP SBU 4 berkolaborasi dengan pihak sekolah SMPN di UPTD SMP Negeri 2 melaksanakan Program Pelatihan dan Sertifikasi Aplikasi Microsoft Terhadap Guru dan Siswa SMPN di UPTD SMP Negeri 2 Aek Songsongan Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan,” pungkasnya. (P2)

Berita Lainnya

Berita Terbaru