30 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

UNICEF Puji Mendikbudristek atas Transformasi Pendidikan di Indonesia

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Bali (buseronline.com) – Frank van Cappelle, Gateways Lead UNICEF, memuji Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam sebuah acara GSVI 2024 di Bali, Jumat.

Dia menilai Nadiem berhasil melakukan perubahan strategis dalam sistem pendidikan Indonesia, terutama selama lima tahun terakhir yang penuh tantangan, termasuk krisis akibat Covid-19.

Frank menjelaskan bahwa tantangan terbesar dalam pendidikan adalah mengubah paradigma berpikir dan penerimaan terhadap teknologi. “Menteri Nadiem, sebagai seorang tech superstar, telah menerapkan pengalamannya untuk menciptakan produk berkualitas tinggi yang mampu mengubah wajah pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.

Dia juga menekankan pentingnya kolaborasi di antara berbagai pihak di masyarakat, dari perangkat sekolah hingga pembuat kebijakan, untuk menghadapi tantangan yang ada. Transparansi dalam evaluasi kinerja, di mana kejujuran dalam menilai keberhasilan dan area yang perlu perbaikan sangatlah penting.

“Kepemimpinan harus hadir di setiap level, mulai dari sekolah hingga rumah, untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi siswa,” tambah Frank.

Acara Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) 2024 ini juga menampilkan platform terintegrasi yang dapat menginspirasi negara lain dalam mendesain program pendidikan serupa.

Frank menekankan bahwa Indonesia, sebagai negara keempat dengan ekosistem pendidikan terbesar di dunia, memiliki kemampuan untuk menciptakan produk dan program yang dapat menjangkau daerah-daerah terpencil, menjadikannya contoh bagi negara lain yang menghadapi tantangan pendidikan serupa. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru