24.8 C
Medan
Senin, Oktober 7, 2024

Gamelan Diperkenalkan di Mesir Melalui Aplikasi Android

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Kairo (buseronline.com) – Dalam upaya memperkenalkan kebudayaan Indonesia di era revolusi industri 4.0, Kemendikbudristek berkolaborasi dengan mahasiswa Mesir, Noha Gharib, untuk mengembangkan aplikasi digital pengenalan alat musik gamelan. Aplikasi berbasis Android ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat global tentang kebudayaan Indonesia.

Atdikbud KBRI Kairo, Abdul Muta’ali, menjelaskan bahwa minat masyarakat Mesir terhadap kebudayaan Indonesia semakin meningkat, khususnya setelah dibukanya program studi Bahasa Indonesia di Universitas Al-Azhar Asy Syarif Cairo. “Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah peserta dalam program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Pusat Kebudayaan Indonesia (PUSKIN),” ujarnya dalam pertemuan dengan Noha, Jumat.

Noha Gharib, yang merupakan penerima beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) program S2 di Universitas Negeri Yogyakarta, menyatakan kebanggaannya bisa berkolaborasi dalam pengembangan aplikasi yang diberi nama “Bersama Melestarikan Warisan Dunia Gamelan Jawa.” “Saya sangat mencintai kebudayaan Indonesia. Saya berharap aplikasi ini dapat lebih membumikan gamelan di masyarakat lokal Mesir,” katanya, sambil berharap untuk melanjutkan studi Doktoral di Indonesia.

PUSKIN, yang berlokasi di KBRI Kairo, juga menyediakan program pembelajaran silat dan tari tradisional Indonesia. Muta’ali menambahkan, “Dengan adanya program pembelajaran gamelan, kami berharap dapat menambah wawasan tentang Nusantara bagi peserta PUSKIN internasional. Kami juga akan memastikan aplikasi ini dapat diunduh secara luas di Google Playstore“. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru