30 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Dosen Pendidikan Olahraga Universitas Quality Berastagi Lakukan Pengabdian Masyarakat di SMKN 1 Kabanjahe

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Kabanjahe (buseronline.com) – Sport massage merupakan metode treatment yang baik untuk dilakukan sebelum dan setelah latihan maupun pertandingan.

Berbagai manfaat dapat diperoleh ketika melakukannya, meskipun tidak semua penelitian mendukung klaim efek positif yang ditimbulkan olehnya.

Ketika ingin melakukan sport massage, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi yang dialami, dan mintalah rekomendasi sport massage therapist yang profesional.

Tim Dosen PKM Universitas Quality Berastagi Julius Boy Barus MPd menambahkan ada baiknya untuk tidak terlalu sering melakukan sport massage agar tubuh tidak terbiasa dan membuat sistem pemulihan alami terganggu.

Jika pemijatan dilakukan oleh yang bukan ahlinya, maka bukan dampak positif yang diperoleh melainkan dampak negatif seperti cedera pada jaringan lunak.

Sementara, Guru Pendidikan Jasmani di SMK Negeri 1 Kabanjahe Wandes Pranata Sembiring Milala SPd mengatakan proses massage dapat melebarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan distribusi zat-zat gizi ke berbagai jaringan tubuh.

“Sirkulasi darah yang meningkat dapat membantu meringankan ketegangan otot, mengurangi rasa sakit dan membantu pemulihan lebih cepat,” ujarnya.

Sedangkan, menurut Janwar Frihasan Sinuraya MPd, massage sport sangat penting diterapkan setelah selesai latihan, karena akan mengurangi ketegangan otot yang terjadi selama latihan.

“Jika terjadi cedera akibat latihan maupun pertandingan, massage sport dapat dijadikan pertolongan pertama yang baik untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada area cedera,” ungkapnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru