25 C
Medan
Sabtu, Oktober 19, 2024

Peparnas XVII 2024: NPC Indonesia Temukan 18 Atlet Baru Regenerasi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Solo (buseronline.com) – Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 menjadi sorotan bagi National Paralympic Committee (NPC) Indonesia. Komite ini sedang memantau kemunculan 18 atlet baru yang berpotensi untuk berprestasi di ajang ASEAN Para Games (APG) Thailand 2025.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi NPC Indonesia, Sapta Kunta Purnama, menyatakan bahwa Peparnas XVII digunakan sebagai platform untuk mencari atlet muda berkualitas. Ini penting mengingat terbatasnya kompetisi olahraga untuk disabilitas yang dapat dijadikan acuan dalam penilaian kemampuan.

“Peparnas XVII adalah ajang yang kami gunakan sebagai persiapan jangka pendek untuk menghadapi APG di Thailand,” ungkap Sapta dalam konferensi pers di Royal Surakarta Heritage, Kamis (10/10/2024).

Selama empat hari penyelenggaraan, NPC Indonesia telah mengidentifikasi 16 atlet para atletik dan dua atlet para panahan yang memiliki potensi untuk bergabung dalam pelatnas. Sapta menjelaskan bahwa atlet-atlet ini menunjukkan performa yang menjanjikan, dengan beberapa catatan luar biasa di setiap venue.

Asisten Deputi Olahraga Andalan Kemenpora, Budi Ariyanto Muslim, menekankan komitmen pemerintah dalam mendukung pembinaan atlet disabilitas untuk mencapai level elite. “Pelatnas tidak terputus akan diterapkan untuk cabor yang berpotensi menghasilkan medali di Paralimpiade,” katanya.

Budi juga menyoroti pentingnya roadmap pembinaan jangka panjang yang tertuang dalam Perpres No. 86 tahun 2021, yang mencakup target hingga tahun 2028.

Antusiasme terhadap partisipasi atlet muda juga disampaikan oleh atlet elite para atletik, Saptoyogo Purnomo. Dia berharap regenerasi atlet disabilitas bisa berjalan lancar, meskipun terdapat tantangan seperti izin orang tua.

“Peparnas XVII kali ini sangat baik untuk mendukung atlet muda. Semoga mereka terus berlatih dan tidak cepat puas,” harap Saptoyogo, yang meraih medali perak di Paralimpiade Paris 2024.

Dengan banyaknya atlet muda yang berprestasi, NPC Indonesia optimis bahwa regenerasi atlet disabilitas akan terus berlanjut, terutama menjelang ajang-ajang internasional mendatang. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru