26 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Pimpinan Perusahaan Diminta Prioritaskan Kesehatan Mental Pekerja

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha menegaskan pentingnya peran pimpinan perusahaan dalam menjaga kesehatan mental karyawan. Menurutnya, menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan positif dimulai dari perhatian dan kepedulian pimpinan terhadap staf maupun bawahannya.

“Kita harus memberikan penghargaan, meskipun kecil, misalnya memberikan like di media sosial atau ucapan selamat ulang tahun saat ada yang berulang tahun. Jika karyawan bekerja dengan baik, jangan lupa mengucapkan terima kasih,” ujar Kunta saat membuka acara Pekan Raya Sehat Jiwa di Jakarta, Minggu.

Pekan Raya Sehat Jiwa ini merupakan puncak peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) 2024, yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Pada tahun ini, HKJS mengangkat tema “Saatnya Prioritaskan Kesehatan Jiwa di Tempat Kerja.”

Kunta menyoroti bahwa tindakan-tindakan sederhana seperti apresiasi tersebut sering kali terabaikan, padahal sangat penting dalam menjaga motivasi dan kesehatan mental pekerja. “Kadang kita hanya menuntut karyawan untuk bekerja dengan baik, tetapi ketika mereka berhasil, kita tidak menunjukkan apresiasi,” tambahnya.

Tak hanya pimpinan, Kunta juga mengingatkan pentingnya solidaritas antarpekerja. Ia mengajak karyawan untuk lebih peka terhadap perubahan perilaku rekan kerja, yang bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan mental.

“Jika ada rekan kerja yang biasanya suka bergabung makan siang, tiba-tiba menyendiri atau tidak ikut lagi, hal seperti ini perlu diperhatikan. Rasa kepedulian ini akan menumbuhkan kepercayaan, sehingga mereka yang mengalami masalah akan lebih terbuka untuk berbicara,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga hubungan yang sehat di tempat kerja. “Kerja sama dan solidaritas adalah kunci. Bersaing boleh, tetapi bersainglah dengan cara yang sehat agar kehidupan kita juga sehat,” pesan Kunta kepada para peserta. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru