30 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Ops Zebra Toba 2024: Edukasi Pelajar Tertib Berlalu Lintas Oleh Sat Lantas Polres Pematangsiantar

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pematangsiantar (buseronline.com) – Dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2024, Sat Lantas Polres Pematangsiantar mengadakan program “Police Goes to School” di SMA Negeri 1 di Jalan Parsoburan, Kelurahan Sukamakmur, Kecamatan Siantar Marihat, Rabu. Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Lantas, AKP Gabriellah A Gultom, bersama jajaran.

Dalam kesempatan tersebut, Gabriellah memberikan edukasi dan himbauan kepada siswa tentang pentingnya membangun budaya tertib berlalu lintas. “Kami melaksanakan kegiatan ini sebagai bagian dari Operasi Zebra Toba 2024 yang sedang berlangsung di Kota Pematangsiantar,” ujarnya.

Tim Sat Lantas juga melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang digunakan oleh siswa, dengan fokus pada 10 pelanggaran prioritas, termasuk tidak menggunakan helm, tidak memiliki kaca spion, serta penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis. Gabriellah menekankan, “Kami sudah menyampaikan himbauan terkait tertib berlalu lintas, termasuk kewajiban memiliki SIM dan STNK serta membayar pajak.”

Hasil pengecekan menunjukkan banyaknya pelanggaran, terutama terkait penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi. Penindakan dilakukan dengan memberikan teguran dan menyita barang bukti knalpot racing.

Gabriellah berharap masyarakat Kota Pematangsiantar dapat mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2024, yang akan berlangsung hingga 27 Oktober 2024. “Kami ingin pesan-pesan Kamseltibcarlantas dapat tercapai, sehingga tercipta tertib berlalu lintas di kalangan guru, siswa, dan masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Pematangsiantar, Bona Sihombing, MPd, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Sat Lantas Polres Pematangsiantar. “Kami sangat menghargai kehadiran kepolisian yang membantu membina anak-anak agar lebih tertib berlalu lintas,” ungkapnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru