30 C
Medan
Sabtu, Oktober 19, 2024

Keamanan Pelantikan Prabowo-Gibran Diperkuat, Polri Kerahkan 15 Ribu Personel

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Polri akan mengerahkan 15 ribu anggotanya untuk mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10/2024).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengungkapkan bahwa belasan ribu personel tersebut akan ditempatkan di berbagai titik strategis dan dibagi menjadi delapan satuan tugas (Satgas). Dalam apel gelar pasukan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024), ia menyatakan, “Total personel yang melaksanakan kegiatan pengamanan kurang lebih 15 ribu. Hari ini, dalam apel ini, kurang lebih 2 ribu sudah tergabung, sementara yang lain sudah kita tugaskan untuk melaksanakan di titik masing-masing.”

Kapolri juga menegaskan bahwa pihaknya akan mengawal masyarakat yang ingin menyambut Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Ia mengingatkan untuk memantau kemungkinan adanya aksi-aksi dari kelompok masyarakat pada hari pelantikan.

“Tentu yang harus kita antisipasi adalah potensi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan, termasuk yang ingin bergabung untuk menyambut rencana pelantikan, mungkin juga mendoakan,” ucapnya.

“Di sisi lain, juga ada kelompok-kelompok yang kita pantau yang mungkin akan melaksanakan aksi,” tambahnya.

Mantan Kabareskrim Polri ini menegaskan bahwa TNI dan Polri akan terus bekerja sama untuk menjamin keamanan pelantikan. “Oleh karena itu, kami bersama Panglima TNI akan terus bekerja untuk memitigasi dan meminimalisir risiko terkait dengan rencana pelantikan ini,” tutupnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru