24 C
Medan
Sabtu, Oktober 19, 2024

Transformasi Puskesmas Jadi BLUD, Pemko Medan Tekankan Perubahan Pelayanan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pemko Medan mendorong seluruh Puskesmas di kota untuk bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Langkah ini diharapkan membawa perubahan signifikan, khususnya dalam hal kecepatan dan ketepatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan, Ferri Ichsan, menyampaikan hal tersebut saat mewakili Plt Wali Kota Medan, H Aulia Rachman, dalam acara Workshop Penilaian Penetapan BLUD Puskesmas Kota Medan di Hotel Grand Mercure, Jumat.

Ferri menegaskan bahwa peningkatan pelayanan publik, terutama di sektor kesehatan, menjadi salah satu program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman.

“Acara ini sangat penting sebagai langkah awal bagi seluruh Puskesmas di Kota Medan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat,” ujar Ferri di hadapan para kepala UPT Puskesmas se-Kota Medan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Medan, Edi Subroto, yang juga hadir dalam acara tersebut, menjelaskan bahwa workshop ini merupakan rangkaian dari persiapan maksimal bagi Puskesmas untuk menjadi BLUD. Menurut Edi, setiap Puskesmas telah menyiapkan dokumen pendukung serta kesiapan sumber daya manusia agar perubahan status menjadi BLUD dapat segera terealisasi.

“Harapan kami, dengan berubahnya status menjadi BLUD, Puskesmas akan lebih fleksibel dalam memberikan layanan kesehatan, sehingga dapat merespon kebutuhan masyarakat dengan lebih cepat dan tepat,” ujar Edi.

Workshop ini menjadi bagian dari komitmen Pemko Medan untuk memastikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan efisien melalui transformasi kelembagaan di Puskesmas. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru