31 C
Medan
Minggu, Oktober 20, 2024

Iring-Iringan Presiden dan Wapres: Polisi Lakukan Buka Tutup Sudirman-Thamrin

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Dalam rangka prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pihak kepolisian akan menerapkan buka tutup jalur lalu lintas di kawasan DPR hingga Sudirman-Thamrin. Pengaturan arus lalu lintas ini juga akan berlaku saat iring-iringan dari Gedung DPR/MPR menuju Istana Negara.

“Rekayasa lalu lintas bersifat situasional apabila terjadi kepadatan, kami akan melakukan tutup/buka jalur kendaraan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi, Sabtu (19/10/2024).

Lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat akan dialihkan ke arah Harmoni jika terjadi kemacetan. Apabila kepadatan juga terjadi di Harmoni, lalu lintas di Patung Kuda akan dialihkan hingga ke Bundaran CSW-Monalisa, Jakarta Selatan. Kombes Ade menegaskan bahwa moda TransJakarta tetap beroperasi selama periode tersebut.

Pihak kepolisian juga mengimbau masyarakat yang akan melintas di kawasan Senayan dan Sudirman-Thamrin untuk menggunakan transportasi umum. Masyarakat yang berencana menghadiri pesta rakyat di lokasi tersebut diharapkan datang dengan angkutan umum, karena tidak disediakan area parkir.

“Jika masyarakat ingin mengunjungi acara pesta rakyat, harap menggunakan transportasi umum,” imbuhnya.

Rekayasa lalu lintas ini akan diberlakukan selama prosesi pelantikan yang direncanakan berlangsung Minggu (20/10/2024). Kombes Latif Usman, Dirlantas Polda Metro Jaya, menjelaskan bahwa pengalihan arus akan dilakukan berdasarkan situasi di lapangan. “Kami akan memantau situasi; jika jalan sudah penuh dan tidak bisa dilalui, maka akan ada pengalihan arus,” ungkapnya.

Kombes Latif juga menambahkan bahwa Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) akan ditiadakan Minggu (20/10/2024), untuk mendukung kelancaran acara tersebut.

Berikut adalah rute pengalihan arus lalu lintas di sekitar Gedung DPR:

1. Arus dari TL Lapangan Tembak menuju Jalan Gatot Subroto diputar balik di kolong sekat 2 atau dialihkan ke tanjakan layang Ladokgi arah Semanggi.

2. Arus dari tol dalam kota yang keluar di offramp Pulo Dua akan diluruskan ke arah Tol Tomang.

3. Arus dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora/pintu belakang Gedung DPR/MPR akan diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar/Jalan Permata Hijau.

4. Arus dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora/pintu belakang Gedung DPR/MPR RI akan dibelokkan ke Jalan Asia Afrika.

5. Arus dari Jalan Asia Afrika menuju TL Lapangan Tembak akan dibelokkan ke kanan Jalan Pintu 1 Senayan atau diputarbalik di TL Asia Afrika.

6. Arus dari arah Semanggi yang menuju Slipi akan dialihkan ke kiri di sekat 2/Ladokgi ke Jalan Gerbang Pemuda.

7. Arus dari arah Slipi yang menuju Jalan Gerbang Pemuda akan diluruskan ke arah Semanggi.

Dengan penerapan pengaturan ini, diharapkan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih dapat berjalan lancar dan aman. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru