27 C
Medan
Senin, Oktober 21, 2024

Prabowo-Gibran Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. Keduanya diambil sumpah dalam Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Pelantikan ini dimulai dengan pengumandangan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan dibuka oleh Ketua MPR, Ahmad Muzani. Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan sumpah jabatan oleh Prabowo dan Gibran, yang masing-masing disaksikan oleh para anggota MPR, tamu undangan dari negara-negara tetangga, serta perwakilan anggota G-20.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” ucap Prabowo Subianto saat membacakan sumpah sebagai Presiden RI ke-8. Gibran Rakabuming Raka juga mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden RI ke-14, menyatakan kesiapannya untuk berbakti kepada bangsa dan negara.

Usai pengucapan sumpah, keduanya menandatangani berita acara pelantikan, menandai dimulainya masa jabatan mereka. Sidang paripurna ini dihadiri oleh mantan Presiden dan Wakil Presiden, seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Joko Widodo, Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla, dan Try Sutrisno. Namun, Megawati Soekarnoputri absen dalam acara tersebut karena dikabarkan sedang dalam kondisi kurang sehat.

Pelantikan ini menegaskan awal baru bagi kepemimpinan nasional dengan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang kini resmi memegang tampuk kekuasaan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru