31 C
Medan
Selasa, Oktober 22, 2024

Budi Gunadi Sadikin Dilantik Kembali Sebagai Menteri Kesehatan, Sampaikan Tiga Pesan Presiden Prabowo

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Budi Gunadi Sadikin resmi dilantik kembali sebagai Menteri Kesehatan dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029, Senin (21/10/2024).

Dalam pelantikan tersebut, Menkes Budi mengungkapkan tiga tugas khusus yang diberikan oleh Presiden Prabowo Subianto untuk memimpin sektor kesehatan Indonesia.

Tugas pertama yang diamanatkan adalah pelaksanaan program skrining kesehatan bagi seluruh masyarakat. Menkes Budi menekankan bahwa program ini bertujuan untuk menjaga kesehatan masyarakat secara proaktif, bukan sekadar mengobati mereka yang sudah sakit. “Nomor satu yang harus diberesin di bulan November adalah peluncuran skrining nasional untuk semua siklus hidup,” jelasnya.

Selanjutnya, tugas kedua adalah mempercepat pembangunan rumah sakit di daerah terpencil dan tertinggal. “Nomor dua membangun rumah sakit-rumah sakit di daerah tertinggal, itu harus selesai,” ungkap Menkes.

Tugas ketiga berkaitan dengan penanganan penyakit Tuberkulosis (TBC), di mana Menkes Budi menyatakan bahwa Presiden Prabowo memberikan perhatian serius terhadap prevalensi penyakit ini yang masih tinggi. “Untuk program TBC, kita buatkan program yang bagus. Cara kerjanya kita luncurkan di bulan Desember,” lanjutnya.

Selain ketiga tugas utama tersebut, Menkes Budi juga diamanatkan untuk mengatasi kekurangan dokter spesialis di Indonesia.

Pengumuman penunjukan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan dilakukan di Istana Kepresidenan, Minggu (20/10/2024) malam.

Untuk mendampingi Menkes, Presiden Prabowo juga menunjuk Prof Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan. Prof Dante telah mendampingi Menkes Budi sejak 2020, dan kini mereka akan melanjutkan masa baktinya pada periode kedua.

Sebelumnya, Budi Gunadi Sadikin menjabat sebagai Menteri Kesehatan sejak Desember 2020, di mana ia diberi tugas khusus untuk menangani pandemi Covid-19 dan melakukan reformasi kesehatan.

Menkes Budi mengucapkan terima kasih kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka atas kepercayaan yang diberikan untuk kembali memimpin sektor kesehatan Indonesia. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru