29 C
Medan
Jumat, Oktober 25, 2024

Kakorlantas Tegaskan Pentingnya Tugas Polantas Menjamin Keselamatan Lalu Lintas

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, menegaskan pentingnya peran personel Polantas dalam menjaga keselamatan berlalu lintas. Hal ini disampaikan dalam Rakor Ditkamsel Korlantas Polri TA 2024 yang berlangsung di Swiss Belresidence Hotel, Kalibata, Jakarta, Kamis (24/10/2024).

Dalam paparannya, Kakorlantas menyatakan bahwa selain mengurai kemacetan, tugas utama Polantas adalah memastikan keselamatan di jalan. “Tugas Polantas adalah mengkaji, karena tugas pokok kita ini selain mengatasi kemacetan, yang terpenting adalah menjaga keselamatan berlalu lintas,” ungkapnya.

Kakorlantas juga menyoroti pentingnya standar dalam penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Ia menekankan bahwa jika kendaraan tidak memenuhi syarat, seperti overload atau sistem pengereman yang tidak berfungsi, maka STNK tidak seharusnya diterbitkan. “Kita wajib melakukan cek fisik kendaraan. Jika tidak laik, seharusnya tidak keluar STNK,” jelasnya.

Ia berharap agar Dirlantas dapat lebih sering dilibatkan dalam rakor, mengingat tanggung jawab mereka yang besar dalam menjaga keselamatan dan kelancaran berlalu lintas. “Kita punya target indeks keselamatan tahun 2025, indeksnya ada di angka 9, sekian. Saat ini, kita baru berada di angka 10,25. Oleh karena itu, perlu kerja keras dari seluruh stakeholder untuk mencapai target ini,” imbuhnya.

Rakor tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Bakharuddin Muhammad Syah, Kasubdit Jemenopsrek Korlantas Polri Kombes Pol Ari Subiyanto, pengamat transportasi dari Universitas Indonesia (UI) Ellen Tangkudung, dan pejabat utama Korlantas lainnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru