30 C
Medan
Jumat, Oktober 25, 2024

Calon Bupati Taput Satika Simamora Janji Bangun Balai Pelatihan, Pengangguran Menurun

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tarutung (buseronline.com) – Mengurangi pengangguran di Tapanuli Utara menjadi salah satu fokus perhatian Calon Bupati Satika Simamora. Jika kelak terpilih Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat akan mengalokasikan anggaran untuk membangun Balai Pelatihan yang permanent agar para generasi muda memiliki keterampilan sehingga memiliki daya saing.

Komitmen ini disampaikan calon bupati nomor urut Satika Simamora saat berkampanye di Desa Siualuompu, Tarutung, Kamis (24/10/2024).

“Jangan ada lagi anak-anak muda di Tapanuli Utara yang pengangguran karena tidak memiliki keterampilan. Satika-Sarlandy akan mengalokasikan anggaran untuk membuat Balai Pelatihan anak-anak muda kita agar memiliki keterampilan, termasuk memperkuat UMKM rumah tangga di Taput”, ucap Satika.

Istri Bupati Taput dua periode, Nikson Nababan ini juga berjanji akan memperjuangkan kesejahteraan para lanjut usia (Lansia), petani dan Balita. Kemudian pelayanan kesehatan masyarakat akan ditingkatkan dengan jaminan berobat gratis.

“Taput yang sudah bagus tinggal dibenahi lagi agar lebih baik. Kita juga harus mencerdaskan masyarakat lewat semakin baiknya akses pendidikan di Kabupaten Taput ini,” kata wanita yang akrab disapa Bunda Satika ini.

Ia optimis semua janji politiknya ini mampu direalisasikan mengingat keluarga mereka memiliki jaringan hingga ke pemerintah pusat.

“Apalagi sekarang abang kami Sukur Nababan sudah pindah komisi yang membidangi kesehatan, tenaga kerja, dan jaminan sosial di DPR RI. Tentu ini akan mempermudah jalan Sartika-Sarlandy merealisasikan program kerja untuk lima tahun ke depan,” kata Satika Simamora optimis.

Ia berpesan dalam Pilkada Serentak ini masyarakat harus terus merawat kerukunan dan kekompakan, jangan mudah terprovokasi dengan berita dan informasi yang tidak valid sumbernya.

“Janganlah membodohi masyarakat dengan menyebar isu-isu hoaks. Masyarakat Taput harus bersatu dan jangan mau diadu domba agar tidak tercerai berai. Aku adalah kamu, kamu adalah aku”, ucap Satika yang disambut hangat hadirin.

Turut hadir dalam kampanye ini anggota DPR RI, Sukur H Nababan didampingi Ketua Umum Tim Pemenangan Satika-Sarlandy sekaligus Ketua PDIP Taput, Dr Nikson Nababan. Dihadapan seribuan warga yang berhadir, Sukur Nababan, ikut menegaskan antar-elemen masyarakat adat di Taput jangan gampang terpengaruh isu-isu yang dapat menyesatkan pikiran dan membawa perpecahan.

“Kita semua adalah sama, punya adat dan budaya yang sama, agama yang sama dan di setiap pertemuan adat atau pesta pasti kita akan sama dan berjumpa jadi jangan hanya karena Pilkada kita pecah. Jangan sampai karena beda pilihan kita bermusuhan dan saling menjelekkan. Sementara, tokoh yang kita bela sedang asyik minum kopi tanpa pernah memikirkan kita”, ucap ketua DPP PDIP Bidang OKK tersebut.

Sukur menyatakan Satika-Sarlandy maju pencalonan Pilkada Taput 2024 hanya untuk melayani masyarakat dan berusaha berbuat yang terbaik bagi Tapanuli Utara.

“Satika Simamora menjadi Bupati bukan mau berbagi proyek dengan investor. Satika-Sarlandy tidak mau Taput dipimpin oleh orang tamak. Taput sudah baik, semua sudah beres hanya tinggal 20 persen lagi tugas Satika-Sarlandy membenahi infrastruktur,” katanya.

Ia menambahkan untuk lima tahun mendatang, Satika-Sarlandy akan fokus pada pelayanan kesehatan, pendidikan, lansia dan balita, UMKM dan membuka pelatihan ketrampilan bagi anak-anak muda.

“Karena pemuda harus dibimbing dan dibina agar menjadi generasi yang kuat, berpendidikan dan tangguh,” tegas Sukur.

Satika Simamora sebelumnya disebut masyarakat Siwaluompu khususnya dan Tarutung pada umumnya, sebagai sosok lemah lembut, periang, tulus dan sayang kepada masyarakat. Hal tersebut telah diperlihatkan Satika Simamora secara nyata selama sepuluh tahun mendampingi sang suami, Nikson Nababan sebagai bupati. Jabatan melekat sebagai istri bupati yakni antara lain ketua TP PKK, Ketua Dekranasda, dan Bunda PAUD.

“Kami warga Siwaluompu siap memenangkan Satika-Sarlandy. Kami pastikan warga di sini memilih nomor urut 1 untuk duduk menjadi bupati dan wakil bupati di Kabupaten Tapanuli Utara,” ujar warga setempat A Lumbantobing .

“Ibu Satika Simamora juga dikenal dekat dengan para lansia dan anak-anak. Ada banyak bantuan Bunda Satika kepada lansia dan anak-anak, terutama dalam hal pelayanan kesehatan. Pelatihan tenun dan UMKM di Kabupaten Taput pun semakin hidup di bawah binaan Satika Simamora,” ujar Rosdiana Manalu .

Satika-Sarlandy yang diusung dan didukung PDIP dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), juga diyakini warga dapat melanjutkan program kerja mantan bupati Nikson Nababan.

‘Kami percaya Taput dipimpin seorang wanita yang jujur, baik dan beriman akan mampu menjadikan kabupaten ini lebih maju dari kabupaten yang ada di Sumatera Utara,” ujar warga. (T1)

Berita Lainnya

Berita Terbaru