31 C
Medan
Sabtu, Oktober 26, 2024

SMEXPO 2024: Pertamina Dorong UMKM Memanfaatkan Pemasaran Digital

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – PT Pertamina (Persero) menggelar Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya memanfaatkan pemasaran digital. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualannya.

SMEXPO merupakan ajang pameran hybrid yang berlangsung di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, 22-27 Oktober 2024. Pertamina membawa 43 UMKM dari seluruh Indonesia, yang menampilkan ratusan produk lokal berkualitas, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan olahan. Acara ini tidak hanya sebagai pameran produk, tetapi juga sebagai platform edukasi dan diskusi bagi para pelaku UMKM.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, menjelaskan bahwa SMEXPO juga menyediakan berbagai kegiatan talkshow yang memungkinkan pelaku usaha untuk saling berbagi pengalaman. “SMEXPO 2024 berlangsung selama enam hari, di mana pelaku usaha dari berbagai bidang dapat berbagi wawasan,” ujarnya.

Salah satu sesi diskusi membahas pentingnya pemasaran digital, yang disampaikan oleh Junior Asisten CSR & SMEPP Management PT Kilang Pertamina Internasional, Yoga Pratama. Dalam presentasinya, Yoga menekankan bahwa pemasaran digital merupakan keterampilan krusial bagi pelaku UMKM. Ia juga mengingatkan pentingnya inovasi, seperti penggunaan artificial intelligence (AI), untuk membantu dalam pemasaran produk.

“Konsumen Indonesia sudah terbiasa dengan sistem pembelian digital, sehingga mitra binaan Pertamina perlu memperkuat kemampuan dalam pemasaran digital,” ungkap Yoga dalam talkshow, Rabu (23/10/2024).

Dia menambahkan, penggunaan teknologi seperti Chat GPT bisa sangat membantu pelaku UMKM dalam mendeskripsikan produk mereka dengan lebih efektif. “Dengan Chat GPT, pelaku UMKM hanya perlu mengetik untuk membuat caption produk, dan sistem AI akan mengorganisirnya,” jelasnya.

Yoga juga memberikan tips mengenai waktu terbaik untuk memasarkan produk, yaitu pada jam 07.00 WIB, 12.00 WIB, dan 18.00 WIB, meskipun waktu ini bisa bervariasi. Dia menekankan pentingnya analisis data berkala untuk mengetahui waktu yang paling efektif.

Selain itu, penggunaan tagar di media sosial juga disarankan untuk meningkatkan jangkauan pemasaran. “Tagar yang tepat dapat membantu produk UMKM muncul di feed media sosial lebih luas,” tegasnya.

Selama SMEXPO 2024, pengunjung dapat menikmati pameran produk unik khas nusantara serta mengikuti berbagai diskusi dan talkshow yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan wirausaha. Produk mitra binaan Pertamina juga dapat ditemukan di platform online www.smexpo.pertamina.com.

Sebagai perusahaan yang memimpin transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan melaksanakan program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) serta menerapkan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di semua lini bisnisnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru