31 C
Medan
Sabtu, Oktober 26, 2024

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni Dukung Kreativitas Anak Muda Melalui Pelatihan Menenun

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni secara resmi membuka Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumut. Acara ini diikuti oleh ratusan anak muda di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan, Kamis.

Dalam sambutannya, Fatoni menekankan pentingnya melestarikan tenun sebagai identitas budaya bangsa. “Tenun adalah identitas bangsa. Kita bangga Sumut mempunyai tenun yang cukup baik, dikenal tidak hanya di daerah tetapi juga di tingkat nasional dan internasional,” katanya. Ia mengajak semua pihak untuk mendukung pengembangan tenun agar tidak punah, terutama di kalangan generasi muda.

Fatoni juga mengapresiasi Dekranasda Sumut yang telah menggagas kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan generasi muda dalam bidang tenun. Menurutnya, pengenalan tenun harus dimulai dari sekolah-sekolah melalui berbagai kegiatan, seperti melukis dan pembuatan souvenir, untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap produk lokal.

“Sumut ini sangat kaya dengan beragam suku dan etnis, yang memiliki berbagai corak tenun. Pemerintah daerah berkewajiban untuk melakukan pembinaan, memfasilitasi pelatihan, serta membantu permodalan bagi para pelaku tenun,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Ketua Dekranasda Sumut Tyas Fatoni mengungkapkan bahwa pelatihan PKW Tekun Tenun merupakan hasil kerja sama antara Mendikbudristek dan Dekranasda Sumut, yang ditujukan untuk melatih 220 penenun dari berbagai daerah di Sumut.

Pelatihan ini dilaksanakan di dua lokasi: Gallery Sumut Kantor Dekranasda Sumut dan UPT Pelatihan Koperasi dan UMKM, 24 Oktober hingga 30 November 2024. Selain Provinsi Sumut, sejumlah kabupaten/kota lainnya juga turut melaksanakan PKW Tekun Tenun, seperti Kabupaten Samosir, Simalungun, dan Batubara.

Pada acara tersebut, Pj Gubernur dan Pj Ketua Dekranasda meninjau pameran wastra yang dipamerkan di Aula Tengku Rizal Nurdin. Tyas juga berdialog dengan sejumlah penenun muda yang sedang mempraktikkan teknik menenun.

Acara ini ditutup dengan peluncuran Gerakan Tekun Tenun Dekranasda se-Sumut, dihadiri oleh Dekranasda dari 33 Kabupaten/Kota, pimpinan OPD se-Sumut, Dewan Pertimbangan Asepi, Ketua Asepi, para istri Forkopimda, serta para peserta pelatihan, pelaku UMKM, desainer dan yang lainnya. (R)

Foto :

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni bersama Pj Ketua Dekranasda Sumut Tyas A Fatoni, Ketua Harian Dekranasda Sumut Mulyadi Simatupang dan Kadis Kominfo Ilyas Sitorus meninjau kain tenun di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman, Medan, Kamis (24/10/2024). (Dok/Diskominfo Sumut)

Berita Lainnya

Berita Terbaru