26 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

14-19 April, Konferensi Protestantse Kerk In Netherlands Digelar di Berastagi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting memfasilitasi pertemuan Panitia Konferensi Protestantse Kerk In Netherlands atau Sinode Antar Gereja-Gereja Asal Belanda dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, di Rumah Dinas Gubernur Medan.

Menurut Baskami, Konferensi Protestantse Kerk In Netherlands tersebut merupakan pertemuan gereja-gereja, yang misionarisnya berasal dari Belanda dan tersebar di seluruh Indonesia.

“Konferensi kali ini dipercayakan kepada GBKP sebagai tuan rumah dan selaku jemaat GBKP, saya memiliki tanggung jawab memberikan dukungan agar acara ini bisa bejalan dengan sukses,” katanya.

Berkaitan dengan itu, tambah Baskami, pihaknya memfasilitasi pertemuan panitia dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, seraya berharap agar mendukung pelaksanaan Konferensi Protestantse Kerk In Netherlands yang akan digelar di Berastagi.

Sementara itu, Sekretaris Umum Moderamen GBKP Pdt Yunus Bangun didampingi Bendahara Umum Mulia Perangin-angin dan panitia lainnya Pt Riahta Br Bukit, Pt Evo Barus, Pt Daniel Bukit, Pdt Imanuel Ginting dan Michael Andepa Pinem mengatakan pertemuan akbar yang baru pertama kali digelar di Sumut ini dijadwalkan 14-19 April 2023 di Hotel Sibayak Brastagi.

“Dalam konferensi ini akan dihadiri 200 orang peserta yang mewakili 37 sinode gereja asal Belanda di seluruh Indonesia beserta lima orang utusan dari Belanda,” katanya.

Ia mengatakan adapun thema yang akan dibahas pada pertemuan tersebut, diantaranya, tentang “Gereja dalam Konteks Kebhinekaan dan Kehadiran Gereja Dalam Pemberdayaan Ekonomi Jemaat”.

Selain itu, katanya, pada 18 April, seluruh peserta akan merayakan 133 tahun lahirnya GBKP di Sumut yang dipusatkan di Desa Buluh Awar, sebagai tempat lahirnya GBKP atau dikenal dengan titik nol masuknya Injil di Karo.

“Pada perayaan tersebut akan diperkenalkan pelaksanaan pesta tahunan masyarakat Desa Buluh Awar, yakni “kerja tahun” dan seluruh undangan akan diperkenalkan budaya, adat dan kuliner Karo bersama seluruh jemaat dan masyarakat di wilayah Sibolangit, khususnya Desa Buluh Awar,” ujarnya.

Baskami berharap, dalam konferensi itu nantinya juga akan memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Tanah Karo dan Deliserdang, sehingga membutuhkan dukungan penuh dari Pemprov Sumut.

Menanggapi hal itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyatakan dukungannya dan siap memfasilitasi Konferensi Protestantse Kerk In Netherlands atau pertemuan Sinode Antar Gereja-Gereja Asal Belanda, karena kedatangan peserta konferensi ke Karo suatu kebanggaan bagi Sumut.

“Kehadiran utusan-utusan dari Sinode Gereja asal Belanda pada konferensi ini, tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Sumut umumnya dan Karo khususnya dalam bidang ekonomi, pariwisata dan pembangunan,” tambahnya.

Berkaitan dengan itu, Edy mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut menyukseskan Konferensi Protestantse Kerk In Netherlands ini dan dianjurkan kepada Pemkab Karo untuk berbenah menjelang digelarnya konferensi, terutama dalam kebersihan Kota.

“Mari kita berikan rasa kagum bagi peseta konferensi dan jangan lupa promosikan pariwisata, kebudayaan, adat istiadat dan lainnya di Karo,” tutur Edy sembari mengingatkan agar Pemkab Karo memberi kesan positif bagi peserta yang akan datang, sekaligus “memikat” hati peserta, agar betah berlama-lama di “Bumi Turang”.

Berita Lainnya

Berita Terbaru