28 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Polresta Magelang Bersama Instansi Terkait Bersihkan Jalan Terdampak Erupsi Merapi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Magelang (buseronline.com) – Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada hari Sabtu (11/3/2023) menyisakan abu vulkanik yang menutupi jalan sebagian wilayah Kabupaten Magelang.

Di antaranya wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang meliputi Desa Paten, Sengi, Ngargomulyo, Keningar, Sewukan dan Desa Mangunsuko serta Desa Krinjing.

Personel Polres Kota Magelang, selanjutnya bergerak cepat dan tanggap membantu masyarakat di salah satu wilayah terdampak abu vulkanik yaitu di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun.

Selain membagikan masker kepada masyarakat, dengan menggunakan mobil Armoured Water Canon (WC) Satuan Samapta Polresta Magelang Polda Jawa Tengah, satu unit mobil Damkar dan satu unit mobil PDAM melakukan pembersihan jalan yang tertutup abu vulkanik dipimpin langsung Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono SIK SH MH bersama 200 personil gabungan TNI, Polri, Damkar, PDAM serta relawan, di jalan Desa Krinjing Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

“Kita fokuskan pembersihan jalan Desa Krinjing sepanjang kurang lebih 4 km, karena posisi desa hanya sekitar 5 km dari gunung Merapi dan juga paling terdampak abu vulkanik dengan ketebalan abu yang menutupi jalan kurang lebih 2 cm, sehingga sangat licin dan dapat membahayakan keselamatan bagi pengendara yang melintas ditambah debu yang berterbangan dapat mengganggu kesehatan pernapasan juga mata,” kata Kombes Pol Ruruh.

“Selain itu kita juga membagikan masker kepada masyarakat agar selalu memakainya dan ada 10.000 buah masker,” tambahnya.

Ketua Relawan OPRB Desa Krinjing saudara Ari Kenang berterima kasih sekali kepada jajaran Polresta Magelang, Damkar serta instansi yang lain yang pada hari ini sudah membantu membersihkan jalan terdampak erupsi Merapi ketebalan 1 sampai 2 cm.

“Jadi sekali lagi perhatian bapak Kapolresta sangat besar pada kami karena kalau tidak disiram tentunya sangat membahayakan bagi warga yang melintas di jalan debu debu beterbangan di jalan sangat berbahaya untuk kesehatan, kami masih berharap tentunya kalau masih ada letusan susulan ada sebaran abu lagi mohon untuk dilakukan bantuan semacam ini lagi,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Sekretaris Desa Krinjing Haryanto. “Kami atas nama masyarakat Desa Krinjing mengucapkan terimakasih kepada bapak Kapolresta, bapak Dandim seluruh jajaran yang telah membantu kami membersihkan jalan yang hari Sabtu kemarin terkena hujan abu, atas inisiatif bapak Kapolresta membersihkan debu, sekarang sudah bersih tidak berdebu lagi, mengurangi dampak adanya abu di jalan membuat masyarakat jadi sehat sehingga jalan yang dilalui akan lebih nyaman,” ujar Sekdes Haryanto.

Berita Lainnya

Berita Terbaru