29 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Tips Aman Saat Tinggalkan Rumah Selama Mudik Lebaran

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Polisi memberikan beberapa tips aman meninggalkan rumah dalam mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan rumah kosong di hari lebaran.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi saat dihubungi wartawan mengatakan setiap lingkungan harus mengaktifkan pos kamling.

“Dibantu dari pihak Babinkamtibmas dan Babinsa dari TNI agar tidak ada celah bagi pelaku kriminalitas untuk melakukan tindak kejahatan, karena kegiatan ini sangatlah bermanfaat,” katanya, Kamis (20/4/2023).

Selanjutnya Hadi mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar saling bersinergi dan meningkatkan hubungan sosial antar tetangga dan harus tetap dijaga.

Kemudian diingatkan kepada masyarakat yang meninggalkan rumah pergi mudik agar jangan mematikan lampu saat rumah kosong.

“Menyalakan lampu teras dan beberapa bagian ruangan rumah. Karena rumah yang lampunya mati, ketika malam hari akan terlihat sangat gelap, dan ini menjadi salah satu kesempatan untuk para pelaku kejahatan,” jelasnya.

Hadi juga mengimbau agar memakai lampu pintar sebagai salah satu solusi mencegah pencurian.

“Namun jangan biarkan lampu tetap menyala ketika siang hari, karena ini bisa menjadi pertanda untuk maling. Oleh sebab itu alangkah bagusnya jika memakai lampu pintar yang bisa mendeteksi intensitas cahaya,” jelasnya.

Hadi juga mengingatkan agar warga memastikan pintu pagar, rumah dan kamar terkunci rapat saat meninggalkan rumah pergi mudik lebaran.

“Cabut kabel barang elektronik dari stop kontak. Karena jika masih dalam keadaan tersambung dengan aliran listrik, bisa menjadi pemicu kebakaran akibat korsleting arus pendek. Lalu lepas regulator gas. Hal ini juga mengantisipasi kebocoran gas yang juga mengakibatkan kebakaran,” ujarnya.

Hadi menambahkan, kepada masyarakat jangan meninggalkan barang berharga di rumah saat berpergian dalam waktu lama.

“Titipkan kendaraan, kalung, berlian dan lainnya di save deposit box bank terdekat atau ke kantor polisi. Itulah tips aman meninggalkan rumah selama mudik lebaran,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru