25 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Cabdis Pendidikan Humbahas Gelar Seminar Pendidikan Nasional

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Dinas Pendidikan Sumut Cabang Dinas (Cabdis) Pendidikan Humbahas menggelar seminar pendidikan nasional, di Aula Huta Mas Komplek Perkantoran Tano Tubu, Kecamatan Doloksanggul, Selasa (22/11/2022).

Peserta seminar itu seluruh guru SMA/SLB negeri/swasta se Kabupaten Humbahas dan sebagian guru SMK, termasuk guru SMA/SMK dari Kabupaten Tapanuli Utara. Tampak hadir, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor

Tampil sebagai narasumber yaitu Motivator Nasional Saut Sitompul dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Humbahas Drs Alfred H Silalahi.

Dosmar Banjarnahor menyampaikan terimakasih kepada Cabang Dinas Pendidikan Humbahas atas penyelenggarakan seminar pendidikan nasional itu.

Ia menjelaskan peran kepala sekolah sangat menentukan keberhasilan di sekolah dan nasib siswa berada di tangan guru. Kata dia, di tangan gurulah kekuatan utama demi memperbaiki pendidikan ke depan.

“Seminar pendidikan ini kami sambut dengan baik. Pendidikan di Humbahas harus sama-sama kita perbaiki demi masa depan anak-anak. Berikan yang terbaik bagi anak-anak didik. Tanpa guru tak mungkin anak-anak didik pintar dan berhasil. Karena pengetahuan membawa dampak yang luar biasa. Sehingga anak-anak didik bisa bersaing di kota-kota besar seperti di Jawa,” ucapnya.

Ia mengatakan saat ini Pemkab Humbahas sedang menerapkan metode Gampang Asik Menyenangkan (Gasing) khusus bidang matematika untuk tingkat PAUD, SD dan SMP. Hal itu diterapkan demi peningkatan mutu pendidikan di Humbahas. Bahkan kata dia, sudah ada tujuh kabupaten/kota meminta Pemkab Humbahas untuk mengajari metode gasing di daerah masing-masing.

Ia juga menerangkan bahwa Pemkab Humbahas sangat serius dalam peningkatan mutu pendidikan. Sehingga anak-anak didik dari Humbahas yang masuk ke 11 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) terbaik di Indonesia termasuk USU dengan program studi akreditasi A atau akreditasi unggul diberikan beasiswa.

“Pemkab Humbahas memberikan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi, tidak ada alasan tidak sekolah. Karena dengan pendidikan lah masyarakat hidup sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA-SLB Humbahas Panutur Simorangkir menjelaskan tujuan seminar itu dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi guru dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2023, dan meningkatkan pemahaman peserta terhadap kurikulum merdeka.

Selain itu, agar para guru memiliki karakteristik kritis dalam konten dan pengalaman pembelajaran untuk menerapkan pendidikan 4.0 yang meliputi kemampuan berinovasi, kreatif, kemampuan IT dan kemampuan interpersonal.

Berita Lainnya

Berita Terbaru