28 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Kegiatan Lomba Bidang Akademik dan Non Akademik Perayaan Lustrum ke IX SMP Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pematangsiantar (buseronline.com) – Kegiatan lomba bidang akademik dan non akademik perayaan lustrum ke IX (45 tahun) SMP Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar diharapkan bisa mengembangkan intelektual dan mengasah softskill siswa.

Sehingga siswa dapat lebih menempa diri baik, segi akademik maupun non akademik, yang pada akhirnya akan memiliki karakter unggul dan bisa menjadi harapan masyarakat di masa depan.

Harapan tersebut disampaikan Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Plt Kepala Dinas Pendidikan RB Manurung MPd usai menghadiri acara pembukaan kegiatan lomba di bidang akademik dan non akademik perayaan lustrum ke IX SMP Swasta RK Bintang Timur, di Jalan Laguboti Kelurahan Toba Kecamatan Siantar Selatan.

Ia menyampaikan bangsa Indonesia memiliki harapan besar kepada generasi muda untuk menjadi generasi yang selain menguasai ilmu dan teknologi, juga berprestasi.

Oleh karena itu, lomba tersebut merupakan kegiatan yang tepat bagi siswa untuk lebih menempa diri, baik segi akademik maupun non akademik. Sehingga pada akhirnya akan memiliki karakter yang unggul dan bisa menjadi harapan masyarakat di masa depan.

“Diharapkan perlombaan ini menjadi sarana dalam mengembangkan intelektual dan mengasah softskill para siswa. Serta menjadi salah satu wadah untuk mewujudkan ilmu yang selama ini telah diperoleh melalui proses belajar dan juga menampilkan keterampilan dan kemampuan lainnya,” katanya.

Upaya ini, lanjutnya, untuk membentuk dan mendidik anak-anak muda generasi bangsa dengan pengetahuan dan keterampilan agar bisa lebih kreatif.

“Perlombaan ini menjadi salah satu alat pendidikan yang efektif dalam merangsang dan memotivasi siswa untuk berprestasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran pendidikan,” tuturnya.

Ia mengatakan hal tersebut juga akan membawa pengaruh positif bagi siswa dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik. selain itu, meningkatkan silaturahmi para peserta didik di SMP Swasta RK Bintang Timur.

“Semoga dengan digelarnya perlombaan ini, akan menghasilkan individu-individu generasi penerus bangsa yang unggul dalam iman, karakter, ilmu, dan teknologi. Kepada anak-anak kami, agar menunjukkan kemampuan terbaiknya, serta berlomba secara jujur dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kedisiplinan, dan nilai-nilai pendidikan,” terangnya.

Ia mengatakan pendidikan merupakan sebuah wahana untuk membentuk peradaban yang humanis. Pendidikan juga menjadi bekal bagi seseorang dalam menjalani kehidupannya.

Perjalanan manusia tidak akan pernah lepas dari jalur pendidikan. Tanpa pendidikan, manusia tidak akan bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan alam sekitar dan lingkungannya. Sebab setiap gerak manusia akan lahir dari didikan dan pengajaran alam sekitar dan lingkungannya.

Selain itu, sambungnya lagi, pendidikan pada dasarnya merupakan hal penting untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Tetapi, tujuan pendidikan yang paling utama yaitu mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang mampu bersaing dengan bekal yang ia peroleh, baik berupa bekal kemampuan akademik maupun non akademik.

“Kemampuan akademik merupakan kemampuan menguasai ilmu pengetahuan yang sudah diuji kepastian kebenarannya, sehingga dapat diukur baik berupa nilai maupun dari prestasi akademik. Sedangkan kemampuan non akademik merupakan kemampuan yang tidak berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan memiliki sifat di luar ilmiah,” jelasnya.

Oleh karena itu, maksud dan tujuan perlombaan akademik dan non akademik tersebut, tentunya agar siswa tidak hanya fokus pada kemampuan akademik. Sebab pembelajaran non akademik juga sangat penting. Di pembelajaran non akademik, peserta didik akan dilatih disiplin dan kemampuan untuk membagi waktu, serta melatih kemampuan bekerja sama.

“Kami berpesan kepada adik-adik siswa SMP RK Bintang Timur agar jangan pernah berhenti belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan. Seperti pepatah Mahatma Gandhi: hiduplah seolah engkau mati besok, belajarlah seolah engkau hidup selamanya,” paparnya

Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak semua pihak, termasuk jajaran SMP Swasta RK SMP Bintang Timur Pematangsiantar untuk senantiasa bekerjasama, bersinergi, dan berkolaborasi dengan Pemko Pematangsiantar, khususnya dalam pembangunan pendidikan. Termasuk terhadap program-program Pemko Pematangsiantar lainnya, terutama yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan bertambahnya usia sekolah yang kita cintai ini, akan semakin banyak mencetak generasi yang cerdas akalnya, baik budinya, kaya ilmu, dan juga mampu mengaplikasikan semua itu di dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi tauladan bagi sesamanya, baik di masa kini juga di masa yang akan datang. Selamat mengikuti perlombaan. Tetap semangat, jaga sportivitas, dan jadikan momentum ini untuk menambah ilmu dan keterampilan, serta mempererat persatuan dan persahabatan,” pesannya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru