25 C
Medan
Selasa, Mei 14, 2024

Vaksin Meningitis Sebagai Syarat Wajib Jalankan Ibadah Haji 2023

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Vaksin meningitis menjadi syarat wajib sebelum berangkat ke Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji 2023. Oleh karena itu, diharapkan untuk jemaah ini seluruhnya bisa mendapatkan vaksin meningitis. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes.

“Pertanggal 18 Mei sebanyak 5.061 atau 65,98% calon jemaah haji asal Provinsi Sumut yang telah memperoleh vaksin meningitis ini. Dan, sebanyak 2.610 jemaah yang belum mendapatkan vaksin meningitis ini,” katanya.

Memang disebutkan Alwi, jemaah yang belum mendapatkan vaksin akan merasa resah sebab jemaah masuk ke asrama dijadwalkan pada 23 Mei. Artinya, sudah cukup dekat untuk kloter pertama yang akan berangkat tanggal 24 Mei.

“Wajar memang jemaah yang belum vaksin merasa resah. Tetapi kita yakin dalam waktu dekat ini bisa tuntas karena jemaah yang mendapatkan vaksin ini dikelola oleh kabupaten/kotanya secara langsung. Apalagi jemaah yang mau diberikan vaksin juga tidak banyak di kabupaten/kotanya. Saya rasa akan cepat selesai,” jelasnya.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Sumut menyebutkan tidak perlu khawatir tidak mendapatkan vaksin ini.

“Sebab vaksin ini sudah tersedia. Jadi, selain wajib vaksin meningitis, persiapan haji ini juga cukup banyak mulai dari pelunasan biaya yang berdampak pada penyediaan fasilitas seperti soal tas dan lainnya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pada tangga 23 Mei ini calon jemaah haji asal Sumut akan memasuki Asrama Haji sekira pukul 23.00 WIB. Selanjutnya akan bertolak dari KNO menuju Madina pada 24 Mei sekira pukul 07.25 WIB.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru