27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Darma Wijaya Promosikan Potensi Sergai di Ajang Apkasi-Kadin Investment Forum Regional Sumatera

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Kabupaten Sergai memiliki beragam potensi, mulai pariwisata, pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, serta potensi lainnya.

Salah satu potensi wisata di Tanah Bertuah Negeri Beradat yang sudah diakui serta mampu menarik minat wisatawan adalah wisata sungai yang bisa dijadikan wahana arung jeram di Sungai Bahbolon Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis.

Demikian paparan promosi peluang investasi yang disampaikan Bupati Sergai, H Darma Wijaya pada pertemuan Bussiness Matching antara pemerintah kabupaten (Pemkab) se-Regional Sumatra dengan para investor dari Hongkong, Korea, Singapura, China, Eropa, dan Malaysia di ajang Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) kolaborasi dengan Kamar dagang dan industri (Kadin) Investment Forum Regional Sumatera di Grand Ballroom Asialink Hotel Batam, Kepulauan Riau.

“Bahkan Desa Buluh Duri, lokasi arung jeram Sei Bahbolon sempat meraih Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kemenparekraf serta terfavorit Desa Wisata kategori digital dan kreatif,” ucapnya.

Selain pariwisata, lanjutnya, peluang investasi lainnya adalah bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan serta potensi lainnya.

Untuk potensi bidang peternakan, Darma menyebut Kabupaten Sergai punya peternakan sapi yang merupakan salah satu bentuk ketahanan pangan yaitu ketersedian kebutuhan daging sapi.

“Begitupun dengan sektor perikanan, juga memberikan peluang untuk berinvestasi, terutama perusahaan yang bergerak di bidang perikanan air asin, air tawar maupun air payau,” sebutnya.

Sementara itu untuk pertanian, lahan sawah di Sergai tak diragukan lagi kesuburannya untuk tanaman padi terutama padi organik yang diproduksi.

“Potensi penting di bidang perkebunan yaitu pengembangan dan usaha pabrik olahan kepala sawit. Karena perkebunan kelapa sawit di Sergai cukup menjanjikan dengan lahan yang sangat luas,” terangnya.

Darma mengatakan Kabupaten Sergai merupakan tempat yang cocok serta aman untuk berinvestasi. Selain prosedur untuk berinvestasi dipermudah, yang tak kalah penting adalah fasilitas infrastruktur jalan di Sergai sudah bagus hingga mencapai 80 persen. Oleh karenanya, ia mengajak para investor untuk berinvestasi di Sergai.

“Kami berharap para investor tertarik dengan potensi yang kami miliki. Jika investor tertarik, tentu ekonomi Sergai akan bertumbuh lebih baik. Dampak baik lainnya adalah terbukanya lapangan kerja baru untuk masyarakat Sergai, ekonomi akan tumbuh pesat, dan masyarakat akan sejahtera,” jelas Darma Wijaya yang hadir didampingi Asisten Perum dan Kersa Nina Deliana dan beberapa Kepala OPD diantaranya, Kadis Pertanian Dedy Iskandar, Kadis PMP2TSP Reza Firmansyah, Kadis Perikanan Claudia Evinta, Kadis Poraparbud Akmal serta mewakili OPD terkait lainnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru