27.8 C
Medan
Senin, Maret 4, 2024

Pendaftaran Seleksi Mandiri Unimed Ditutup 4 Juli, Sediakan Kuota 1.704 Kursi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Universitas Negeri Medan (Unimed) telah membuka pendaftaran Seleksi Masuk Mandiri tahun 2023 mulai 15 Mei dan akan ditutup pada 4 Juli 2023. Seleksi Mandiri adalah jalur masuk terakhir bagi mahasiswa baru yang ingin kuliah di Unimed.

Seleksi Mandiri Unimed tidak ada perbedaan dari tahun sebelumnya dimana untuk diterima para calon mahasiswa baru harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Selain mengikuti UTBK, Unimed juga melakukan rekognisi prestasi jadi bagi para pendaftar yang mempunyai prestasi tingkat provinsi, nasional, dan internasional seperti prestasi akademik, olahraga, seni/kriya, MTQ/MKQ, pesparawi dan sejenisnya, serta hafiz quran dapat menjadi bahan pertimbangan kelulusan dengan cara mengirimkan sertifikat/bukti juara.

Adapun kuota jalur Mandiri Unimed tahun ini yakni 1.704 kursi yang dibuka untuk 55 prodi pada jenjang S1 dan D3. Para siswa yang ingin mengikuti Seleksi Masuk Mandiri dapat mendaftar secara online pada website http://sm.unimed.ac.id, kemudian pendaftar mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.

Setelah tahapan tersebut siswa pendaftar harus memilih program studi, mengunggah portofolio bagi prodi Olahraga don Seni, memperoleh Slip pembayaran Biaya UTBK.

Biaya pendaftaran Rp300.000 serta bagi pendaftar prodi seni dan keolahragaan membayar biaya tambahan untuk portofolio sebesar Rp50.000.

Pembayaran dapat dibayarkan melalui Bank BNI 46. Setelah melalukan pembayaran lakukan pencetakan kartu Ujian melalui laman http://sm.unimed.ac.id.

Materi yang akan diujiankan pada UTBK Mandiri berbentuk Tes Potensi Sekolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta Penalaran Matematika. Ujian UTBK Seleksi Mandiri akan laksanakan pada 10-14 Juli 2023.

Pengumuman hasil seleksi jalur Mandiri pada 21 Juli 2023 yang dapat dilihat pada situs https://www.unimed.ac.id atau https://sm.unimed.ac.id.

Rektor Unimed Prof Dr Syamsul Gultom menyampaikan agar informasi ini dapat segera diketahui oleh masyarakat luas, sehingga bagi lulusan SMA sederajat lulus 2021, 2022 dan 2023 dapat segera mempersiapkan diri untuk mendaftar seleksi Mandiri ini.

“Bagi adik-adik yang ingin mendaftar jalur Mandiri harap segera mempersiapkan diri agar dapat diterima di Unimed karena peminat Unimed setiap tahunnya terus meningkat pada jalur SNMPTN atau yang sekarang dikenal SNBP dan SBMPTN atau yang sekarang dikenal SNBT. Bagi adik-adik yang tidak lolos jalur SNBP, jalur Seleksi Mandiri merupakan jalur terakhir agar bisa diterima masuk untuk kuliah di Unimed. Kami juga menghimbau bagi pendaftar selayaknya memiliki kesehatan yang memadai sehingga nantinya tidak menganggu kelancaran studi, karena kesehatan penting agar-adik-adik dapat menyelesaikan masa studi dengan tepat waktu,” ujar Rektor.

Bagi pendaftar yang memiliki masalah dalam proses pendaftaran silahkan hubungi helpdesk SM Mandiri Unimed pada Gedung UPT TIK lantai 1 atau juga bisa berkunjung ke kantor Humas bagi warga Medan.

“Untuk memudahkan para pendaftar luar daerah kami Panitia juga dapat bertanya melalui email humas@unimed.ac.id dan layanan via whatsapp di 08116080820 dan media sosial @unimedofficial. Segera daftar di https://sm.unimed.ac.id sekarang jangan mendaftar di waktu akhir,” kata Rektor Prof Syamsul.

Berita Lainnya

Berita Terbaru