25 C
Medan
Senin, Juli 15, 2024

Unimed Buka Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2023

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kemendikbudristek melalui Unimed kembali membuka pendaftaran untuk Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan tahun 2023.

Program ini diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan, baik dari jurusan kependidikan maupun non kependidikan dalam upaya mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang pendidikan, sehingga nantinya dapat terlahir guru profesional di sekolah-sekolah dasar dan menengah yang mempunyai dedikasi yang tinggi untuk membangun pendidikan bangsa.

Pendaftaran PPG Prajabatan 2023 telah resmi dibuka pada hari Rabu (31/5/2023) mulai pukul 13.30 WIB dan pendaftaran berlangsung hingga 25 Juni 2023.

Persyaratan Pendaftaran: Warga Negara Indonesia, Belum/tidak pernah terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidik (Dapodik) dan Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga. Kependidikan Kemenag Simpatika; Mempunyai ijazah dengan kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma (D-4) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata di basis unit data Penyetaraan Ijazah Luar Negeri untuk lulusan universitas luar negeri;

Memiliki Indeks Prestasi Komulatif (IPK) paling rendah 3,00, Berusia maksimal 32 tahun pada tahun 31 Desember 2023, Menandatangani pakta integritas, Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani, Memiliki surat keterangan berkelakuan baik dan memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA).

Proses pendaftaran akan dilakukan melalui serangkaian tahapan seleksi yang ketat dan dilakukan secara online melalui situs resmi https://ppg.kemdikbud.go.id.

Calon peserta diharuskan mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan mengunggah dokumen pendukung, seperti fotokopi ijazah, transkrip nilai, dan identitas diri.

Pihak panitia akan melakukan verifikasi terhadap dokumen tersebut. Calon peserta juga akan mengikuti tes potensi akademik, tes kemampuan bidang studi, tes kecakapan pedagogik, dan wawancara sebagai bagian dari proses seleksi.

Rektor Unimed Prof Syamsul Gultom mengajak seluruh lulusan Universitas di Sumut terkhususnya lulusan Unimed untuk mendaftar program PPG Prajabatan 2023.

“Unimed telah menjadi universitas yang puluhan tahun melaksanakan program PPG ini, karena itu dihimbau kepada lulusannya Unimed dengan slogannya “Membangun Negeri dari Sekolah” agar tidak ragu-ragu lagi untuk mendaftar PPG Prajabatan Tahun 2023 ini, agar tercipta generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru, profesional, komitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi, dan pembelajar sepanjang hayat demi membangun pendidikan bangsa lebih maju lagi menuju Indonesia Emas 2045. Yuk Jadi Guru,” ungkapnya.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru