25.6 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Arahan Edy Rahmayadi Teleskoting Atlet Mulai Membuahkan Hasil

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Arahan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kepada Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang olahraga (Cabor) untuk melakukan teleskoting di tahun 2021 mulai membuahkan hasil. Beberapa talenta muda berhasil diseleksi Pengprov PBSVI Sumut, Taekwondo Indonesia (TI) Sumut, dan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sumut.

Atlet-atlet muda ini didapatkan dari berbagai kejuaraan dan seleksi yang dilakukan masing-masing Pengprov. Atlet-atlet muda tersebut kemudian akan dilatih menjadi atlet profesional Sumut dengan target jangka pendek mendulang emas di PON Aceh-Sumut 2024.

Misalnya atlet voli, dari teleskoting sejak tahun 2021 menemukan beberapa pemain berstandar nasional. Indikator pertama PBVSI Sumut adalah tinggi badan dan rata-rata pemain yang mereka dapatkan 190 cm untuk pria dan 185 cm untuk wanita.

”Kita butuh tim yang solid, untuk itu kalian berlatihlah dengan sungguh-sungguh, tetapi harus terukur, nutrisinya, berat latihannya, karena saya tidak mau mereka nantinya malah cedera karena kita push sekuat tenaga,” kata Edy Rahmayadi, di acara silaturahmi atlet Taekwondo, Voli dan Berkuda Sumut di Aula Raja Inal Siregar, Jalan Diponegoro, Nomor 30 Medan.

Edy Rahmayadi juga mengingatkan agar mental juara para atlet harus dibentuk, apalagi untuk atlet-atlet muda. Salah satu caranya adalah bertanding melawan tim-tim yang levelnya lebih tinggi dari mereka.

”Mental juara kalian itu harus dibentuk, datangkan pelatih yang jago, cari sparing partner yang di atas kalian dan ikut kompetisi bergengsi, memang banyak mengeluarkan uang, tetapi kalau mau juara ya seperti itulah upaya kita, omong kosong kita mau juara, tapi pendanaan sedikit,” kata Edy Rahmayadi.

Menurut keterangan Ketua PBVSI Sumut Wiko Lovino Siregar pihaknya telah memprogramkan teleskoting sejak 2022 melalui berbagai kejuaraan di 33 Kabupaten/Kota. PBVSI Sumut kemudian menyeleksi dengan standar nasional.

”Misalnya adek kita Rio yang tingginya 192, dia sudah diminta Jateng, tetapi dia memilih Sumut, ada juga Yuda 190 cm dan untuk perempuan rata-rata 185 cm. 2023 kita akan tes mereka kejuaraan di Solo dan untuk Voli pantai kita akan berlatih di Sidoarjo yang punya banyak atlet voli pantai profesional,” kata Wiko Lovino Siregar.

Acara tersebut dihadiri pengurus beserta atlet dari Pengprov PBVSI Sumut, TI Sumut dan Pordasi Sumut. Hadir juga Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Wakil Ketua KONI Sumut Kisharianto dan OPD terkait lainnya.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru