25.6 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Gubernur Edy Rahmayadi Sebut PRSU Milik Seluruh Rakyat Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi secara resmi membuka Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49 Tahun 2023. Menurutnya PRSU sebagai milik seluruh rakyat Sumut. PRSU menunjukkan berbagai potensi dan kelebihan Sumut yang sangat besar.

“Inilah PRSU, menunjukkan kebersamaan kita. Kita bisa menampilkan masing ciri khas dari daerah kita. Kegiatan ini sangat positif, ini adalah milik kita, milik Sumut, kita bertekad bersama bergandengan tangan, rakyat, pemimpin, dewan, akademisi, kita bertekad berkolaborasi membangun Sumut,” kata Edy Rahmayadi saat membuka PRSU ke-49 di panggung utama PRSU, Jalan Gatot Subroto, Medan.

Pembukaan PRSU ke-49 berlangsung meriah dan diisi dengan penampilan tari-tarian multietnis yang dikemas dengan gaya modern yang tidak meninggalkan unsur budaya asli.

Edy pun mengaku senang, melihat antusias masyarakat yang hadir pada hari pembukaan. Bahkan Iring-iringan mobil rombongannya yang memasuki area PRSU pun sempat tersendat lantaran banyaknya pengunjung dan UMKM yang hadir.

“Saya harap hari ini lebih baik dari kemarin. Terus semangat kita. Memakmurkan dan menyejahterakan rakyat kita. UMKM tergelar, jalan tak bisa jalan saya ke sini. Begitu macetnya, begitu antusiasnya rakyat kita ini. Karena sudah rindu dengan hal ini,” kata Edy.

Memang karena pandemi, PRSU sempat tidak diadakan. PRSU terakhir diadakan pada tahun 2019. “Malam ini kita bisa kembali melaksanakan PRSU yang ke-49. Harusnya ini digelar 2020. Karena tahun itu kita dalam kondisi kalut. Kita kedatangan tamu Covid 19,” kata Edy.

Pembukaan PRSU ditandai dengan pemukulan gondang sembilan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Forkopimda Sumut. Para Kepala daerah yang hadir pun beramai-ramai mendampingi Gubernur memukul gondang sembilan itu.

Sebagai informasi, PRSU dibuka 16 Juni hingga 17 Juli 2023. Panggung hiburan pun digelar. PRSU akan diramaikan 16 artis ibukota hingga seniman lokal.

Selain hiburan, PRSU juga akan mempersembahkan berbagai pelayanan sosial. Mulai dari pelayanan Bakti Kesehatan Bermartabat, yang meliputi operasi bibir sunbing, sunatan massal, pemeriksaan kesehatan gratis hingga pemberian bantuan sosial.

Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) Refli Yuner mengatakan PRSU juga akan menyajikan promosi wisata, budaya, kuliner, sosialisasi PON, bazar UMKM. “Di sini melibatkan 150 stan UMKM, kali ini kami perkirakan PRSU akan dikunjungi sebanyak 400 ribu orang hingga akhir penutupan nanti,” ujarnya.

Turut hadir Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, Bupati/Walikota se-Sumut, konjen negara sahabat, dan OPD Pemprov Sumut.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru