27.8 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

Peringatan HLH Sedunia, PLN UIP Sumbagut Motori Program Bersih-Bersih Sungai Babura

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2023 lalu, turut dilakukan di Medan. Dimotori UIP Sumbagut, PLN menggelar kegiatan Program Bersih-Bersih Sungai dan Konservasi 2023.

Humas PLN UIP Sumbagut Effiaty Polapa menjelaskan fokus kegiatan kali ini adalah melakukan susur Sungai Babura sambil membersihkan sampah yang dibuang masyarakat ke tengah hingga tepian sungai yang membelah Kota Medan tersebut.

Dalam kegiatan ini, PLN UIP Sumbagut turut menggandeng sejumlah pihak diantaranya BPBD Kota Medan, P3SU, pihak Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia hingga Yayasan Peduli Lingkungan dan Sosial Khadijah Saraswaty Indonesia yang menggagas Masyarakat Peduli Lingkungan (MPL) Anggrung.

Hadir dalam kegiatan itu sejumlah stakeholder diantaranya Kepala BPBD Kota Medan HM Husni, perwakilan DPKP Kota Medan, Camat Medan Polonia Drs A Muhzi, Lurah Anggrung Esha Doly Syahputra, ST 3 Pilar dari Babinsa, Bhabinkamtimbmas, Babinpotdirga, Karang Taruna, Ketua Bank Sampah, Tim Pandawa, Ketua Yayasan Peduli Lingkungan dan Sosial Khadijah Saraswaty Indonesia Sri Dewi Fitriani bersama Sekjen Nasoha serta sejumlah pihak lainnya.

Sedangkan dari PLN UIP Sumbagut hadir langsung General Manager Octavianus Duha, SRM Operasi Konstruksi 1 Ivan Prasetyo Darmawan, SRM Operasi Konstruksi 2 Anjar Suchaya, SRM Perijinan, Pertanahan & Komunikasi Cokky Anthonius Feri Yuska B dan SRM Keuangan, Anggaran dan Umum Tomu Murniaty Sibarani.

GM PLN UIP Sumbagut Octavianus mengatakan rangkaian hari lingkungan hidup sedunia ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar perusahaan atau biasa dikenal dengan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Perusahaan mewajibkan seluruh pegawainya untuk menjadi volunteer pada kegiatan sosial perusahaan yang salah satunya adalah kegiatan yang dilaksanakan ini yaitu Program Bersih bersih dan konservasi sungai,” ujarnya.

Olehnya untuk menunjang kesuksesan acara pada kegiatan tersebut, lanjut Octa, PLN UIP Sumbagut turut menggandeng BPBD Kota Medan dan sejumlah pihak lainnya

“Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini bermanfaat untuk kita semua utamanya masyarakat kota Medan Polonia,” tutupnya.

Kepala BPBD HM Husni yang turut hadir dalam kegiatan itu sangat mengapresiasi insan PLN yang ikut berperan aktif membersihkan sampah di momen hari lingkungan hidup sedunia ini.

“PLN bukan hanya sekedar ikut sumbangsih secara materi, tapi juga melibatkan seluruh jajarannya untuk turun langsung menyusuri sungai Babura untuk memungut sampah sebagai wujud peduli lingkungan,” tuturnya.

Lewat program ini, lanjut Husni, ia berharap muncul budaya kesadaran, bahwa sungai bukan tempat membuang sampah. “Lewat kegiatan ini kita juga berharap timbul semangat budaya bersih dan budaya malu masyarakat untuk membuang sampah sembarangan khususnya ke sungai yang banyak menimbulkan kerugian,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan Program Bersih-bersih dan Konversi Sungai ini, tampak melibatkan ratusan orang, termasuk 107 orang diantaranya manajemen dan pegawai PLN UIP Sumbagut. Dengan mengerahkan sejumlah perahu karet, seluruh volunteer menyusuri sungai babura dari kawasan Jalan Mongonsidi sampai ke Taman PLN di Jalan Sudirman, Medan.

Dalam kegiatan ini, dalam tempo satu jam, sebanyak 320 Kg sampah berhasil dikumpulkan. Menariknya, bagi pengumpul sampah terbanyak berhak mendapatkan hadiah yang dipersiapkan PLN. Kali ini, pihak P3SU ke luar sebagai pemenang setelah berhasil mengumpulkan sampah seberat 120 Kg.

Berita Lainnya

Berita Terbaru