28 C
Medan
Senin, Juli 15, 2024

RS Murni Teguh Buka Layanan Genomic dan Smart Green Hospital

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Rumah Sakit Umum (RSU) Murni Teguh Kota Medan membuka layanan genomic dan smart green hospital untuk matangkan program Pemko Medan yakni medical tourism.

Presiden Direktur PT Murni Sadar Tbk (Perseroan) Dr dr Mutiara MHA mengatakan layanan genomic ini merupakan teknologi testing yang digunakan untuk melakukan pengujian genetik berkualitas tinggi.

Dalam layanan genomic ini, kata Mutiara, terdiri dari beberapa tes genetic yang berbeda-beda. Misalnya Genomic Nutrisi, Genomic Support dan lain sebagainya.

“Untuk meningkatkan kualitas program Medical Tourism, kita menyediakan tes pelayanan genomics dan smart green hospital,” katanya kepada wartawan saat PT Murni Sadar Tbk (Perseroan) menyelenggarakan Public Expose Tahun Buku 2022 secara online dan offline di Auditorium Murni Teguh Memorial Hospital (MTMH), Kota Medan.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Presiden Komisaris Tjhin Ten Cun, Presiden Direktur Dr dr Mutiara MHA, Direktur Operasional RSU Murni Teguh dr Jong Khai MARS dan Direktur Keuangan Clement Zichri Ang MSc.

Mutiara mengatakan tes genomics ini sama seperti halnya tes screening seluruh badan. “Pemeriksaan tes genomik ini memastikan adanya berbagai risiko penyakit yang bisa terjadi akibat genetik asal. Pengujian ini bekerja dengan melihat cara gen berinteraksi,” terangnya.

Misalnya, kata Mutiara, ada dua orang yang memiliki sakit darah tinggi. Namun untuk pemberian obat pasti memiliki dosis yang berbeda.

“Artinya personal medicine setiap orang berbeda-beda. Untuk itu, adanya tes genomic ini bisa membuat pengobatan yang akan kita terima lebih mendetail dan akurat,” jelasnya.

Ia mengatakan tes genomik berbeda dari tes genetika. Tes ini akan memeriksa keseluruhan gen yang ada dalam tubuh, bukan hanya mendeteksi adanya mutasi gen tunggal.

“Hasil dari pengujian genom akan memperlihatkan risiko penyakit yang rentan kamu alami, perkembangan suatu penyakit dalam tubuh, hingga risiko kambuhan suatu penyakit,” ucapnya.

Mutiara mengatakan tes genomic ini untuk Kota Medan, biayanya masih cukup mahal. “Namun dengan banyaknya masyarakat atau pasien yang mau melakukan tes genomic, tentu ini bisa jadi pertimbangan biayanya bisa lebih diturunkan kembali,” paparnya.

Selain layanan genomic, pihaknya juga mengadakan sistem layanan smart and gren hospital. Sementara menurut Jong Khai, layanan smart and green ini sebagai bentuk upaya rumah sakit untuk meningkatkan program medical tourism.

“Medical tourism ini tentu pelayanan harus lebih ditingkatkan. Makanya kita buat sistem rumah sakit yang smart and green. Smart disini kita sudah bangun fasilitas secara teknologi. Misalnya kita sudah gunakan lampu-lampu LED. Begitupun dengan alat teknologi lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Jong Khai mengatakan pihaknya juga melayani pasien BPJS. “Tentu di seluruh rumah sakit Murni Teguh kita mendukung program pemerintah untuk bekerjasama dengan pihak BPJS,” tukasnya sembari mengatakan, perseroan juga berencana mengembangkan layanan PET-Scan dan kedokteran nuklir dalam waktu dekat.

Sedangkan, Clement Zichri Ang menyampaikan selaras dengan visi misi Perseroan, Perseroan berencana memperluas jaringan rumah sakit secara bertahap ke berbagai daerah di Indonesia. Hal ini bertujuan agar pelayanan kesehatan dengan kualitas yang unggul dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Selain itu, Perseroan juga fokus menambah kapasitas layanan di rumah sakit yang sudah beroperasi untuk memenuhi permintaan yang ada. Perseroan juga percaya bahwa pelayanan kesehatan yang berkualitas harus didukung dengan peralatan dan teknologi yang terbaru.

“Pada tahun 2023 Perseroan fokus untuk merenovasi rumah sakit yang telah ada serta mempercepat realisasi pembangunan rumah sakit baru di Kota Medan, Bandung dan Jakarta Selatan,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan perusahaan berupaya membangun budaya berkelanjutan dan merealisasikannya ke dalam seluruh aktivitas rumah sakit yang diwujudkan dengan menginisiasi prinsip green and smart hospital.

Prinsip green and smart hospital ini merupakan wujud kepedulian dari perusahaan untuk memberikan dampak positif yang menjunjung tinggi konsep 3P (Profit, People and Planet) yaitu dengan rumah sakit yang didesain, dibangun, direnovasi, dan dioperasikan dengan mempertimbangkan unsur-unsur yang berperan meningkatkan kualitas kesehatan dan kelestarian lingkungan berkelanjutan serta pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan.

Sepanjang tahun 2022, PT Murni Sadar Tbk telah melakukan berbagai kegiatan CSR yang memberikan dampak positif bagi masyarakat, seperti donor darah rutin, bakti sosial operasi bibir sumbing, khitan massal, health talk and min MCU.

Kemudian, pemeriksaan katarak, pemeriksaan kesehatan gratis untuk ibu hamil yang diadakan di seluruh rumah sakit dibawah naungan Murni Teguh Hospitals. “Untuk ke depannya, Perseroan tetap berkomitmen untuk memberikan kontribusi maksimal kepada keberlanjutan sosial dan lingkungan,” tutupnya.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru