27.8 C
Medan
Senin, Maret 4, 2024

PMI Taput Adakan Musyawarah Kerja ke III dan Pelatihan Dasar Relawan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Taput (buseronline.com) – Palang Merah Indonesia Kabupaten Tapanuli Utara (PMI Taput) mengadakan musyawarah kerja ke III dan pelatihan dasar relawan PMI, Jumat (16/6/2023) sampai Sabtu (17/6/2023) yang dilaksanakan di Sopo Harimonting, Dusun Sitangdiang Paniaran.

Acara pembukaan Musyawarah Kerja dan pelatihan dasar PMI itu dibuka Bupati Kabupaten Taput diwakili Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Bahal Simanjuntak dan didampingi Kabag Kesra Sekdakab Estomihi Sihombing.

Kegiatan musyawarah kerja ke III tahun 2023 itu merupakan amanat AD/ART, PMI untuk dilaksanakan di setiap tahun.

Turut dihadiri Ketua Bidang Organisasi PMI Provinsi Sumut Chairil Siregar, didampingi Kepala Markas Ade Yudiansyah, Kepala UTD dr Maulana, Ketua PMI Kabupaten Taput dr Janri Nababan dan semua pengurus kabupaten di tambah unsur relawan.

Bahal Simanjuntak mengharapkan peran relawan di lapangan sangat penting untuk dapat menjadi petugas di lapangan dalam membantu masyarakat tanpa pamrih.

Sehingga setiap relawan diharapkan menjadi motor gerakan antisipasi kebencanaan di daerah masing-masing.

Sedangkan pelatihan dasar relawan ini merupakan hal pertama yang dilakukan di PMI Taput.

Pelatihan itu diikuti 110 orang peserta yang berasal dari 15 kecamatan di Kabupaten Taput. Kemudian di tambah pengurus kabupaten dan unsur KSR Akper dan TSR Dinas Kesehatan Taput dan TSR RSUD Tarutung.

Ketua PMI Taput dr Janri Nababan menyampaikan kerja tulus dan pamrih bagi setiap relawan. Selainkan itu, para relawan harus tetap menjalin komunikasi yang terintegrasi dengan markas dan relawan untuk dapat membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Kegiatan itu didukung penuh Pemerintah Kabupaten Taput dalam hal ini Bupati Taput Nikson Nababan sebagai pembina, partisipasi pengurus, dan beberapa donatur.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat sosial dan kemanusian bagi semua relawan untuk dapat membantu semua lapisan masyarakat tanpa melihat latar belakang sesuai tujuh prinsip PMI, yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan,” jelasnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru