27.8 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

Yolenta Lestari dan Ferdinandus Aldo Terpilih Sebagai Duta Kreatif Pelajar Sumut 2023 

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Yolenta Lestari Halawa (SMKN 2 Botomuzoi) dan Ferdinandus Aldo Susilo (SMK Katolik Trisakti Medan) terpilih menjadi yang terbaik dalam grand final Pemilihan Duta Kreatif Pelajar tingkat SMA/SMK Sederajat di Sumut 2023 yang digelar Universitas Darma Agung (UDA) di Hotel Danau Toba, Minggu (18/6/2023).

Ke duanya terpilih usai tampil maksimal di depan para juri yang terdiri atas Zahra T Girsang, (Sekretaris Dinas Pariwisata Pemkab Simalungun) Axelarry Marthin (Multi talent, serta Finalis X- Faktor, dan Finalis Duta pendidikan) Maike Ritonga SH MAP, (Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disbudpar Sumut), Ivan Benedict Tambunan Amd Par, SE MM (Direktur APP UDA) dan Jenny Tabita Dorkas Sipayung (Miss Internasional Global 2019).

Posisi terbaik kedua disabet Shalwani Algina Bulqist (SMA Hang Tua Belawan) dan Farhan Aditya (SMK Al Washliyah Hamparan Perak), disusul Sophia Paula (Global Prima National Plus School Medan) dan Kalleb Samuel (SMK Jerisa Mandiri).

Untuk kategori lainnya, Duta Pelajar Best Catwalk diraih Henti Putri Magdalena Simanjuntak (SMK Raksana 2 Medan), Duta Pelajar Best Charming disabet Alini Kristiani Waruwu (SMKN 2 Botomuzoi), dan Duta Pelajar Favorit diraih Resa Jesika Purba (SMKN Budaya Raya Simalungun).

Rektor UDA Medan Dr Irene Silviani SSos MSP diwakili Wakil Rektor III UDA Ir Lilis S Gultom MM MMA mengatakan UDA mendukung penuh terselenggaranya Pemilihan Duta Kreatif Pelajar tingkat Sumut tahun 2023.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memotivasi para pelajar untuk dapat meningkatkan minat, kreasi, sehingga dapat melahirkan calon-calon pemimpin masa depan untuk mengisi pembangunan di Indonesia khususnya Sumut yang terdiri atas berbagai etnis, suku, golongan dan agama.

“Pada kesempatan ini UDA mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada para pihak yang mendukung terselenggaranya event ini, di antaranya Ketua Umum Yayasan Perguruan Darma Agung Partahi Siregar SH yang telah mensupport secara moral maupun material dengan beberapa fasilitas yang dibutuhkan dalam mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini, tegasnya sembari berkata kegiatan ini dapat digelar secara berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya.

“Selanjutnya UDA melalui WR III menyampaikan bahwa pelajar yang lolos dalam pemilihan DPKSU ini akan diberikan beasiswa saat melanjut ke Universitas Darma Agung, karena saat ini Universitas Darma Agung dalam proses penerimaan mahasiswa baru untuk TA 2023/2024 yang berlangsung Juni- September 2023, UDA mengasuh 5 Prodi Pascasarjana (S2) dan 8 Fakultas untuk sarjana (S1) dan semua prodi di UDA baik S1 dan S2 sudah terakreditasi dan melaksanakan kampus merdeka. UDA yang didirikan alm DR TD Pardede aktif melakukan terobosan-terobosan baru dengan manajemen baru di bawah kepemimpinan Partahi Siregar SH sebagai Ketua Umum YPDA.

Ketua Panitia Persatuan Putra Zalukhu mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan minat dan bakat para pelajar, sehingga dapat menciptakan siswa yang kreatif dan cerdas, serta turut memajukan generasi bangsa.

“Kegiatan ini juga bisa terselenggara berkat ide dan gagasan dari Miss Internasional Global 2019 Jenny Tabita Dorkas Sipayung, yang juga terdata sebagai mahasiswa Fakultas Hukum UDA dan ide ini dilanjutkan dalam bentuk kegiatan mahasiswa UDA,” tambahnya.

Dikatakan Pemilihan Duta Kreatif Pelajar ini digelar dengan berbagai rangkaian acara, di antaranya karantina selama dua hari. Selama karantina, para pelajar diberikan pembekalan dari para mentor.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para sponsor yang telah mendukung acara ini, diantaranya emina, lapis durian Medan, Gommok patisserie, PT Putra simas karya bengkel Medan, Tabita Fashion, Tabita Parfume, Tabita Management, Trend’s Entertainment special lighting system, Hotel Danau Toba Internasional, dan Conrad7,” terangnya.

Gubernur Sumut diwakili Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disbudpar Sumut Maike Ritonga SH MAP mengapresiasi terselenggaranya Duta Kreatif Pelajar tingkat Sumut. Pastinya ini suatu kegiatan yang sangat baik, karena menjadi wadah untuk mengasah minat dan bakat para pelajar.

“Tentunya diharapkan ini bisa dapat menjadi agenda rutin, sehingga akan terbentuk para generasi muda yang berbakat,” katanya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru