23.6 C
Medan
Kamis, Februari 22, 2024

Jaringan Transmisi SUTT 150 kV Perbaungan-Kualanamu Rampung dengan TKDN 77,10%

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – PT PLN (Persero) melalui UIP SBU resmi merampungkan proyek pembangunan T/L 150 kV Perbaungan-Kualanamu. Dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 77,10 % serta 28 tower yang terbentang dari GI Perbaungan di Desa Batang Terap, Kecamatan Perbaungan, Sergai sampai GI Kualanamu di Desa Sidodadi, Beringin, Deliserdang, proyek ini resmi energize pada Jumat (16/6/2023).

GM PLN UIP SBU Octavianus Duha menjelaskan dengan jumlah Manpower sebanyak 200 orang dan zero accident, keberhasilan energize T/L150 kV Perbaungan-Kualanamu ini tidak lepas dari kerja sama dan dukungan penuh dari pemerintah setempat.

“Keandalan kelistrikan di Sergai dan Deliserdang meningkat dengan keberhasilan pemberian tegangan di T/L 150 kV Perbaungan-Kualanamu ini. PLN Group dan stakeholder terkait sangat berperan dari awal pelaksanaan pekerjaan, hingga akhirnya dapat dilakukan pemberian tegangan pertama (energize) ini,” ujarnya.

Dijelaskannya, proses energize dilaksanakan setelah seluruh rangkaian tahapan tes dan pengujian peralatan (commissioning) berhasil dilalui dan ditandai dengan terbitnya Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB).

“Kami optimistis dengan peningkatan keandalan sistem kelistrikan pada GI (Gardu Induk) Kualanamu akan mendukung dunia usaha dan sejumlah kawasan strategis seperti Bandara Internasional Kualanamu. Selama ini Kualanamu International Airport (KNIA) atau Bandara Internasional Kualanamu disupport oleh GI Kualanamu dan GI Sei Rotan melalui SUTM 20 kV, namun untuk GI Kualanamu saat ini hanya menerima transfer daya dari GI Tanjungmorawa, tidak memiliki cadangan evakuasi daya dari GI lainnya, sehingga untuk menambah keandalan sistem di GI Kualanamu dibangun jalur transmisi baru ke arah GI Perbaungan,” sebutnya

“Keberhasilan ini juga sesuai dengan tujuan PLN memberikan kehidupan yang lebih baik melalui penyediaan kelistrikan, kami yakin energize ini akan memberi dampak positif bagi masyarakat,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru