26.7 C
Medan
Kamis, Februari 22, 2024

Bupati Madina Kunjungi Keluarga Pengidap Penyakit Katarak

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Madina (buseronline.com) – Bupati Madina HM Ja’far Sukhairi Nasution bersama Kepala Dinas Kesehatan dr Faisal Situmorang mengunjungi lima bersaudara penderita penyakit katarak, di Kelurahan Pidoli Dolok, Kecamatan Panyabungan.

Bupati menyebutkan pemerintah sudah melakukan upaya dalam menanganinya dan sudah pernah juga di lakukan operasi katarak.

“Sudah pernah di operasi katarak, namun karena faktor genetik tentu ini perlu penanganan khusus, dan besok akan diantar ke RSUD Panyabungan untuk dilakukan observasi” sebutnya.

Selain memberikan motivasi bagi keluarga, Sukhairi memberikan bantuan berupa modal usaha dan biaya transport pendidikan kepada keluarga sebesar Rp500 ribu setiap bulannya.

“Ternyata anak anak ini masih sekolah di SLB, dan sedikit dari penghasilan kita bantu tiap bulan untuk transport. Walaupun kondisi anak anak kita seperti ini masih ada semangat untuk bersekolah, mudah mudahan Allah memberikan jalan yang terbaik,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Madina juga mengajak seluruh komponen masyarakat agar lebih peka dan perduli terhadap lingkungan masing-masing.

“Diharap kepada camat dan kades agar lebih peka melihat kondisi sosial ekonomi masyarakat kita. Tidak dengan jumlah, namun dengan perhatian,” sebutnya.

Sementara itu, dokter interensif Kemenkes, dr Asrul menyampaikan, jika penyakit tersebut merupakan katarak lembek yang terdapat pada orang muda dan mulai terbentuknya pada usia 3 bulan sampai 9 tahun.

Katarak kongenital dan infantile secara umum terjadi dalam 1 dalam setiap 2000 kelahiran hidup, yang terjadi akibat gangguan pada perkembangan normal lensa. Prevalensi pada negara berkembang sekitar 2-4 tiap 10.000 kelahiran hidup.

Berita Lainnya

Berita Terbaru