24.9 C
Medan
Jumat, Juni 14, 2024

Prof Dr Baharuddin ST MPd Terpilih Sebagai Rektor Unimed Periode 2023-2027

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Prof Dr Baharuddin ST MPd terpilih menjadi Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) periode 2023-2027 dalam sidang rapat senat dengan agenda pemilihan rektor tahap akhir yang dilaksanakan di Gedung Pusat Administrasi Unimed.

Rapat Senat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Senat Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd didampingi Sekretaris Senat Winsyahputra Ritonga SPd MSi, kuasa dari Kemdikbudristek yang di hadiri Prof Dr Ir M Faiz Syuaib MAgr (Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek) dan Drs Suwitno (Koordinator SDM Sekretariat Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek), dan dihadiri 52 anggota Senat Unimed.

Setelah dilakukan pemilihan dari 52 anggota senat dan kuasa Mendikbudristek, hasil perolehan suara Prof Dr Baharuddin ST MPd mendapatkan 59 suara, disusul oleh Dr Erond Litno Damanik MSi dengan perolehan 10 suara dan Dr Marice MHum dengan perolehan 10 suara dan 1 suara abstain. Dengan jumlah total 80 suara (52 suara Senat Unimed dan 28 suara Mendikbudristek).

Ketua Senat Prof Dr Syawal Gultom MPd dalam penutupan rapat senat mengatakan semua anggota senat Unimed mengucapkan Alhamdulilah, karena semua tahapan dalam pemilihan Rektor Unimed ini berjalan dengan aman dan lancar. Kita semua menyampaikan selamat dan sukses kepada Prof Dr Baharuddin atas terpilihnya sebagai Rektor Unimed masa periode 2023-2027, semoga dengan terpilihnya Prof Baharuddin, Unimed akan semakin maju dan menjadi kampus terbaik di negeri kita tercinta Indonesia. Kami Senat akan mengirimkan hasil rapat senat ini kepada Mendikbudristek sebagai laporan dan kita semua menunggu petunjuk dan jadwal pelantikan Rektor Unimed yang diperkirakan dilaksanakan pada akhir agustus 2023 di kantor Mendikbudristek.

Rektor terpilih Prof Dr Baharuddin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana pemilihan Rektor Unimed, anggota senat dan kuasa dari Kemendikbudristek serta civitas akademika yang telah menyelesaikan seluruh tahapan pemilihan rektor dengan sukses. Saya akan berusaha untuk menjalankan tugas dan amanah ini dengan integritas dan dedikasi yang tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan, mengembangkan riset yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, serta memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak untuk kemajuan Unimed kampus yang kita banggakan.

Sementara itu, Kuasa Mendikbudristek Prof M Faiz Syuaib yang hadir diberi kuasa untuk mewakili Menteri Mas Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya sebelum pemungutan suara pemilihan rektor mengatakan calon rektor harus berkomitmen untuk memperkuat aspek internal serta membangun sinergi yang solid dan membuka ruang kolaborasi dengan dunia industri dan sumber daya lainnya. Perubahan teknologi dan ekonomi yang cepat harus diikuti dengan peningkatan kompetensi. Karena itu simbiosis mutualisme antara perguruan tinggi dan dunia industri harus dibangun,” tuturnya.

Kepada calon rektor, dipesan agar memperkuat akuntabilitas dan kualitas kelembagaan Unimed karena kemampuan suatu bangsa dipengaruhi oleh sumber daya manusia dan karakter kebangsaan menjadi modal yang utama. “Semoga kita senantiasa diberi kemampuan untuk menjalankan amanah mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru