25.6 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

USU Masuk 10 Besar Raih Pendanaan PKM Terbanyak Nasional 2023

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil masuk ke dalam peringkat 10 besar perguruan tinggi yang meraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terbanyak secara nasional di tahun 2023 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Wakil Rektor I Dr Edy Ikhsan di Medan menjelaskan USU berada di posisi 9 untuk kampus yang meraih pendanaan pada tahun ini. Ada 98 proposal PKM USU yang meraih pendanaan dari 15 fakultas. Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA berhasil menjadi yang terbanyak dengan masing-masing menyumbang 25 PKM.

“Disusul kemudian Psikologi dan Kedokteran Gigi dengan 8 PKM. Lalu 4 PKM dari FEB dan FISIP, 3 PKM dari FKM dan Fasilkom-TI. Sementara Kehutanan dan Vokasi menyumbang 2 PKM serta FIB dan Farmasi yang menyumbang masing-masing 1 PKM. Totalnya ada 98,” ujar Dr Edy Ikhsan.

Wakil Rektor I USU berharap nantinya 98 PKM yang lolos meraih pendanaan dapat berprestasi di ajang Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) yang menjadi ajang untuk menguji kompetensi serta gagasan kreativitas ilmiah para mahasiswa.

PKM sendiri dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi.

Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerja sama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023 sebagai upaya memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif dan inovatif, objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Secara garis besar, PKM dikelompokkan menjadi dua, yakni PKM Pendanaan, terdiri dari 8 bidang PKM, yaitu PKM Bidang Riset Eksata (PKM-RE), PKM Bidang Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Bidang Kewirausahaan (PKM-K), PKM Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), PKM Bidang Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM Bidang Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Bidang Karya Inovatif (PKM-KI) danPKM Bidang Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK).

Kemudian PKM Insentif, terdiri dari 2 bidang PKM, yaitu PKM Bidang Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT) dan PKM Bidang Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru