26.7 C
Medan
Kamis, Februari 22, 2024

USU Terima 3.388 Mahasiswa Baru Jalur SNBT 2023

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 3.388 mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023.

Dengan jumlah tersebut, USU masuk dalam jajaran 20 besar PTN dengan total penerimaan terbanyak untuk jalur SNBT 2023, kata Wakil Rektor I USU, Dr Edy Ikhsan SH MA meneruskan informasi Pengumuman Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Tim Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiwa Baru (SNPMB) PTN 2023 Kemendikbudristek di Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Pada pengumuman tersebut disebut, USU menempati posisi ke-9 dari 10 besar nasional Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia dengan pendaftar mahasiswa terbanyak, yakni 41.701 orang.

USU juga menempati peringkat ke-16 secara nasional, program studi PTN se-Indonesia dalam tingkat keketatan peminat, yang diduduki oleh Program Studi Gizi USU dengan rasio keketatan 1,64 persen.

Jumlah mahasiswa baru USU yang diterima melalui KIP Kuliah untuk jalur SNBT tahun 2023 berjumlah 935 orang, atau sekitar 27,6 persen lebih dari total mahasiswa yang diterima pada jalur ini.

Dr Edy Ikhsan mengatakan USU menambah quota untuk penerimaan SNBT dari 30 persen menjadi 40 persen dari keseluruhan quota penerimaan (SNBP, SNBT dan SMM).

Kebijakan ini diambil untuk memberi peluang yang lebih besar kepada calon mahasiswa untuk bisa menikmati pendidikan di USU dengan skema Uang Kuliah Tunggal (UKT). Alokasi SMM (Seleksi Masuk Mandiri) sendiri dikurangi dari 50 persen quota menjadi 40 persen.

Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin SSos MSi menyampaikan ucapan selamat kepada para mahasiswa yang berhasil lulus melalui jalur SNBT 2023. Ia berharap bagi peserta yang belum lulus agar tidak berkecil hati dan menyerah, karena masih ada satu jalur penerimaan lagi yang bisa dicoba, Seleksi Mandiri.

Rektor juga menyampaikan kepada masyarakat, supaya jangan percaya dengan oknum-oknum yang menawarkan untuk membantu agar bisa masuk ke USU dengan persyaratan tertentu, di luar jalur resmi yang telah ditentukan.

“Kami berharap kepada masyarakat, agar cerdas dan jangan mudah diperdaya oleh oknum yang menjanjikan bisa masuk USU dengan jalur khusus dan meminta bayaran. Jangan sekali-kali percaya dengan mereka, apalagi jika harus membayar jutaan bahkan ratusan juta. Tidak ada itu. USU hanya menerima mahasiswa berdasarkan jalur resmi yang tersedia dan seluruh prosesnya transparan serta diumumkan ke publik,” tandas Rektor USU.

Sementara itu, Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU Amalia mengingatkan agar mahasiswa yang diterima pada jalur SNBT tahun 2023 dapat memperhatikan tahapan penting selanjutnya.

Ia menyebutkan proses pendaftaran ulang dan melengkapi berkas menjadi hal yang jangan sampai terabaikan seluruh persyaratannya.

Pendaftaran ulang berupa pengisian data pokok dan unggah berkas dapat dilakukan secara online melalui website https://registrasi.usu.ac.id mulai 21 hingga 29 Juni 2023.

Diingatkan, jangan lupa jadwal pendaftaran . Karena seringkali mahasiswa terlambat dalam melakukan pendaftaran ulang karena tidak memperhatikan tenggat waktu dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Jika terabaikan, risikonya status kelulusan peserta dapat gugur seketika,” kata Amalia.

Dijelaskan, pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur Mandiri telah dibuka, 5 Juni hingga 12 Juli 2023 mendatang. Ujiannya akan berlangsung dari 15 hingga 21 Juli 2023. Untuk cara pendaftaran dan informasi Mandiri USU lainnya dapat diakses melalui https://penerimaan.usu.ac.id.

Berita Lainnya

Berita Terbaru