28 C
Medan
Senin, Juli 15, 2024

GM PLN UID Sumut Lapor ke Edy Rahmayadi Kondisi Listrik Surplus

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menerima kunjungan GM PLN UID Sumut Awaluddin Hafid di Kantor Gubernur Sumut. Pertemuan berlangsung satu jam ini disambut hangat secara langsung Edy.

Turut hadir Senior Manager Distribusi Didik Wicaksono, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Ricky Yacob, Kepala Dinas ESDM Mulyadi Simatupang, Kepala Biro Perekonomian dan Pembangunan H Agus Tripriyono dan Direktur Utama PT Pembangunan Prasarana Sumut Refli Yuner.

Awaluddin Hafid menyampaikan kunjungan ini bertujuan sebagai bentuk koordinasi PLN kepada Pemerintah Provinsi terkait keandalan dan pasokan kelistrikan di Sumut.

“Dalam kunjungan ini kami melaporkan kondisi kelistrikan di Sumut saat ini jauh lebih baik dan dalam kondisi surplus. Saat ini semua pembangkit dalam kondisi prima dan pasokan energy primer juga aman,” ujar Awaluddin.

Dijelaskan bahwa daya mampu pembangkit di Sumut sebesar 3.168 MW dengan beban terlayani sebesar 2.471 MW, beban puncak tertinggi sebesar 2.617 MW, sehingga PLN masih memiliki cadangan daya tertinggi di Sumut sebesar 405 MW.

Edy Rahmayadi mengatakan listrik memiliki peran penting dalam berbagai aktivitas masyarakat. Untuk itu, sinergitas pemerintah dengan PLN harus dibangun dengan baik agar PLN dapat meningkatkan kualitas dan layanannya kepada masyarakat.

“Bagi saya, listrik merupakan kebutuhan utama yang sangat penting bagi masyarakat. Untuk itu ketersediaan listrik mutlak harus dipenuhi demi menjaga produktivitas masyarakat tetap stabil,” ungkap Edy.

Pada kesempatan yang sama, Awaluddin juga melaporkan realisasi bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di Sumatera saat ini sebesar 43.47 persen yang didominasi oleh Pembangkit Hidro (PLTA, PLTM) dan pembangkit geothermal (PLTP). Pencapaian ini merupakan pencapaian tertinggi di Indonesia.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru